MotoGP : Yamaha Masih Percayakan Rossi Dan Lorenzo Untuk Redam Marquez

Rabu, 26 November 2014 | 19:30 WIB



Eropa - Yamaha merasa tidak butuh pembalap-pembalap muda dari kelas Moto2 dan Moto3 untuk bisa menandingi Marc Marquez di musim depan. Pabrikan asal negeri sakura tersebut lebih memilih memaksimalkan para pembalapnya untuk meredam laju sang pemegang titel gelar juara dunia MotoGP dua kali tersebut.

Memang musim depan Yamaha memang tidak melakukan perubahan dalam skuadnya. Di kelas pabrikan Yamaha masih mempercayakan duo juara dunianya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Sedangkan di tim satelit Pol Esparagaro serta Bradley Smith masih tetap dipertahankan.

Kondisi yang cukup berbeda dengan rival mereka, Honda. Tim sayap tunggal ini punya cara tersendiri untuk memperkuat pasukan mereka dengan merekrut sejumlah pembalap muda. LCR Honda secara mengejutkan meminang pembalap Moto3, Jack Miller, serta mempromosikan Scott Redding untuk menggeber motor kelas pabrikan.

"Kami sudah memiliki dua pembalap yang bisa mengalahkan Marc. Saya pikir itu sudah terbukti di beberapa balapan terakhir. Memang Marc mendominasi di awal musim, tetapi bukan berarti Marc tidak bisa dikalahkan." ujar Direktur Manajer Yamaha Racing, Lin Jarvis.

Orang yang paling berpengaruh dalam tim garpu tala ini pun menambahkan meskipun di awal musim 2014 ini mengalami kesulitan namun musim depan Yamaha bisa membuat perubahan. Ini terlihat dari hasil yang mereka torehkan di musim 2014 dimana Rossi mampu menyabet posisi runner up disusul Lorenzo yang meraih juara ketiga.

"Kami senang Jorge dan Valentino akan masih tetap bersama kami musim depan. Kami masih percaya keduanya mampu besaing dalam dua musim kedepan."

Di sisi lain Pol Espargaro yang digadang-gadang bakal naik ke kelas pabrikan penampilannya kurang bersinar di musim 2014. Sementara kursi kosong di kelas pabrikan baru tersedia di tahun 2017 mendatang, padahal kontrak Pol bersama Monster Yamaha Tech 3 akan berakhir musim depan. Yamaha pun harus putar otak memikirkan hal tersebut.

“Meskipun Pol belum secepat Marc namun musim ini Pol tampil cukup bagus. Dia perlu banyak belajar dan meningkatkan konsistensinya. Memang dia ada dalam rencana jangka panjang kami jadi kita lihat saja nanti." (otosport.otomotifnet.com)