MotoGP : Ini Penyebab Rossi Tidak Bisa Tampil Maksimal di Sesi Latihan Kemarin

Sabtu, 27 September 2014 | 13:05 WIB



Aragon – Pasti banyak yang bertanya dengan performa Valentino Rossi tidak begitu bagus pada sesi latihan pertama dan kedua MotoGP Aragon(26/9). Padahal masih segar diingatan bagaimana hebatnya Rossi memenangi seri terakhir di Misano, dua pekan lalu.

Namun, pada saat latihan bebas kemarin performa pembalap Italia ini kurang begitu baik. Mengakhiri FP1 di peringkat keenam dan sesi selanjutnya rider Movistar Yamaha tersebut hanya mampu berada di posisi ke-10. Usut punya usut ternyata saat sesi latihan kemarin The Doctor menggunakan ban belakang berkompon keras dan akibatnya dirinya tidak bisa tampil maksimal pada sesi latihan kemarin.

“Bersama-sama dengan Yamaha dan Bridgestone, kami memutuskan untuk mencoba ban belakang yang berkompon keras untuk mengetahui apakah ini adalah pilihan yang bagus. Tapi, buktinya itu justru menyulitkan,” tukas Rossi.

“Dan pada saat yang bersamaan, saya juga mengalami kendala dengan ban depan. Saya cukup banyak mengalami under steer, jadi kami memutuskan untuk mencoba ban berkompon lunak, dan itu tidak terlalu buruk.”

Waktu terbaik yang berhasil di torehkan The Doctor saat latihan bebas hari Jumat adalah 1 menit 49.312 detik. Dengan hasil tersebut, pembalap andalan Yamaha ini pun mengaku masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan  jika ingin menyamai performa saat menjuarai MotoGP Misano.

“Kami telah membuat beberapa data penting untuk kami gunakan besok karena kami mencoba semua kombinasi. Kami harus bekerja cukup banyak, karena kami menderita kesulitan dengan grip ban depan dan kecepatan saat tikungan. Motor ini sulit untuk dikendarai dan saya tidak cukup cepat. Jadi, besok kami harus jauh berkembang.” (otosport.co.id)