Valentino Rossi : Kesalahan Besar Saat Kualikasi!

Minggu, 1 Juni 2014 | 08:06 WIB


Juara dunia 7 kali Valentino Rossi mengakui kesalahan strategi ban yang dilakukan pada sesi kualifikasi melemparnya jauh ke posisi 10 di belakang. Valentino sempat berada di posisi 5 sebelum pit in untuk mengganti ban yang lebih segar. Sayangnya, pemilihan ban depan lebih soft ternyata membawa bencana buat posisinya di tabel catatan waktu.

“Kami melakukan kesalahan besar saat kualifikasi, kami memutuskan untuk mengganti ban depan pada waktu yang sama dengan ban belakang yang kedua,” jelas Rossi. “Itu jelas keputusan salah. Aku merasa sangat buruk dengan ban depan lebih soft dan aku tak mampu mengembangkan laptime-ku. Sungguh memalukan, karena aku punya potensi bagus dan bisa start di barisan depan, kecepatanku sangat bagus dan aku sangat nyaman dengan motor, tapi hasilnya seperti ini.”

Efek dari keputusan strategi ban itu, The Doctor melorot sekitar 0,5 detik dari pole sitter Marc Marquez. Padahal Vale ada di posisi 4 dan hanya terpaut 0,186 detik dari Dani Pedrosa, rider terkencang di FP4.

“Besok (Minggu ini, Red) dari baris keempat, semua akan tangguh dan sulit. Kami punya pace bagus, kami perlu memperbaiki masalah kecil dan mencoba sampai maksimal,” tukasnya.

“Aku mau coba melakukan balap yang baik karena ini adalah GP ke 300-ku, dan juga karena ini di Mugello! Aku cukup putus asa dengan posisi 10 ini, tapi kan belum kalah. Akan sulit tapi kami bisa balap dengan bagus,” janjinya.

Bagi VR46, Mugello adalah laga kandang yang cukup penting. Terlebih tahun lalu ia terlibat insiden dengan Bautista dan tak bisa finish. Tahun ini, Rossi punya postur dan posisi lebih baik dari tahun lalu, tentu akan menarik melihatnya ngotot bertarung untuk bisa menyodok masuk lagi ke barisan terdepan pada balap nanti! (otosport.co.id)