F1 : Upgrade Mobil 70%, Ferrari Kejar Performa Mercedes

Dimas Pradopo - Kamis, 7 Mei 2015 | 19:58 WIB

(Dimas Pradopo - )


Spanyol – Menghadapi seri kelima di sirkuit Barcelona, Spanyol pekan ini, tim Ferrari melakukan upgarde besar-besaran pada mobil SF15-T kecuali bagian hidungnya.

Pengamat Ferrari yang dipercaya, Leo Turrini melaporkan di blognya bahwa 70% bagian mobil balap Ferrari telah direvisi untuk balapan pertama di Eropa. “Hanya bagian depan dari SF15-T yang bisa dikenali”, tulisnya.

Turrini juga menuliskan selama beberapa tahun belakangan Ferrari menyalahkan masalah terowongan angin (wind tunnel) mereka, pada pengembangan aerodinamika.

Namun kabar baru dari Maranello (markas tim), terowongan angin itu sudah dikalibrasi dan memberi data yang akurat. Turrini percaya Barcelona akan menawarkan indikasi yang tepat dalam hal ini.

“Dengan dimulainya balapan pertama untuk Eropa, praktis mobil seperti baru dibanding yang kita lihat di Bahrain (balapan sebelumnya),” tegas kepala strategi Ferrari, Inaki Rueda.

Sebastian Vettel yang memberi kemenangan pertama musim ini, kepada koran Jerman, Welt, menyebut bahwa Ferrari mendekati level performa Mercedes yang kini memimpin klasemen konstruktor, meninggalkan Ferrari 52 point.

Balapan terakhir di Bahrain, pembalap Ferrari terlibat duel ketat dengan pembalap Mercedes. “Saat ini Mercedes memiliki paket terkuat dan dua pembalap yang hebat,” ujar Vettel, juara dunia 4 kali.

“Tidak mudah melewati mereka, tetapi jelas kami berusaha untuk bisa sedekat mungkin. Kami sedang berusaha mengganggu Mercedes dan ketika ada kesalahan kami tepat di belakang mereka, kami siap menyerang,” tegas Vettel.

“Namun yang penting juga, kami tidak membiarkan diri kita dikalahkan oleh tim di belakang kita,” imbuhnya. 

Hmm.. jadi penasaran seperti apa sosok mobil SF15-T yang sudah di-upgrade. (otosport.otomotifnet.com)