Ups, Suzuki GSX-R750 Ikut MotoGP!

Jumat, 10 Juli 2015 | 20:00 WIB



Sachsenring – Yup, Suzuki GSX-R750 turun di seri ke-9 MotoGP di sirkuit Sachsenring, Jerman akhir pekan ini (12/7). Tentu yang turun bukan motornya melainkan cukup livery alias grafis fairingnya saja.

Coba saja tengok paduan warnanya, mirip motor Suzuki zaman baheula. Tak ketinggalan font dan warna merah pada GSX-RR di kiri kanan fairing yang mengingatkan pada GSX-R750.

Hal ini memang dilakukan Suzuki untuk memperingati 30 tahun motor sport mereka, GSX-R750. Ceritanya, Oktober 1984, Suzuki ikut pameran IFMA di Köln, Jerman dengan memunculkan GSX-R750 Superbike.

Setahun kemudian, mereka merilis versi jalan raya GSX-R750 yang merupakan replika dari versi balapnya dan mulai menuai cinta dari para penggemarnya.

Nah, di seri ini, besutan Aleix Espargarò and Maverick Viñales dari tim Suzuki Ecstar menggunakan livery spesial seperti yang digunakan pembalap legendaris Suzuki, Kevin Schwantz tahun 1985.

“Ketika kami memulai mengembangkan mesin MotoGP pikiran kami jelas namanya GSX-RR supaya tetap terhubung dengan GSX-R. Di Suzuki, nama ini berarti banyak karena punya sejarah besar sebagai mesin balap dan jalanan,” ujar Satoru Terada, project leader Team Suzuki Ecstar MotoGP saat pembukaan selubung GSX-RR special livery (9/7).