Yamaha R15 Tidak Turun Balap, Akan Fokus Pada R25

Rabu, 14 Mei 2014 | 18:32 WIB


Masuk keluarga R series, Yamaha R15 memang menjadi salah satu varian motor sport Yamaha yang disiapkan untuk balap. Salah satu implementasinya, sudah digunakan pada Yamaha Asia Cup Race tahun 2013 silam.

Meski begitu, motor sport 150 cc masih enggan diturunkan di Indoprix 2014. Padahal gelaran balap ini membuka kelas IP 150 yang mempertandingkan motor sport 150 cc. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sang ATPM mengaku belum berniat menurunkan motor sport andalannya ini.

"Regulasinya kurang fair buat motor sport," buka M Abidin, GM Technical & Motorsport PT YIMM pada suatu kesempatan. "Sirkuitnya terlalu kecil, lebar hanya 8 meter. Idealnya dengan ban lebar yang digunakannya harus turun di sirkuit dengan lebar 15 meter seperti Sentul besar," sambungnya.

Hal ini diperparah dengan dibolehkannya sepeda motor jenis bebek turun di kelas yang sama. Tentunya saja, motor sport seperti R15 jadi kurang bisa berkompetisi bila diadu di sirkuit dengan kondisi yang sangat kecil.

"Kalau regulasinya belum jelas, kami memilih tidak berpartisipasi. Kemungkinan kami akan menyiapkan motor di kelas 250 cc saja," jelasnya. Wah, bakal turun kejurnas 250 cc dengan R25 ya? Ketika ditanya hal tersebut Abidin hanya tersenyum tanpa memberikan jawaban. Kita tunggu saja, R25 akan launching tanggal 20 nanti! (otosport.co.id)