WRC : Sebastien Ogier Ditempel Sangat Ketat Dalam Sesi Shakedown Reli Swedia

Dimas Pradopo - Jumat, 13 Februari 2015 | 11:48 WIB

(Dimas Pradopo - )


Swedia – Pereli tim Volkswagen Motorsport, Sebastien Ogier unggul tipis 0,2 detik dari dua pereli di belakangnya pada sesi shakedown reli Swedia, Kamis (12/2).

Persaingan ketat sudah tampak ketika para kontestan memulai uji coba di permukaan bersalju yang treknya sangat licin.

Mengendarai VW Polo R, Ogier ditempel ketat mantan pembalap F1, Robert Kubica dari tim RK WRT dengan Ford Fiesta RS dan pereli tim Citroen bersama DS3, Mads Ostberg. Catatan waktunya 1 menit 59,0 detik, hanya unggul 0,2 detik dari kedua pereli itu.

Sementara Kris Meeke juga dari tim Citroen membuntuti dengan selisih 0,3 detik, usai menjalani tahapan shakedown di Rada sejauh 4,30 km.

Bisa begitu karena kondisi trek membaik seiring berlalunya setiap mobil peserta, temperatur juga mulai naik membuat es dan salju mencair. Akibatnya ban yang dilengkapi paku untuk melibas permukaan gravel menghasilkan daya cengkeram lebih baik.

“Wah gila banget. Kami menghitung tahapan setiap mobil peserta semakin cepat hampir sepersepuluh detik per kilometer,” jelas Ogier yang dapat giliran start lebih awal.

Ogier mengaku senang kembali ke Swedia dengan permukaan yang dilapisi es dan salju. Permukaan jalan sempurna, tetapi ketika kondisi mulai menghangat, es dan salju mencair.


“Ketika mulai mencair, kondisi jadi sangat licin dan sulit. Saya berharap membeku lagi pada malam hari (Super SS) sehingga para penonton dapat menyaksikan reli spektakuler ini,” lanjutnya.

Ia menilai persaingan sengit akan terjadi dari para pereli negara Skandinavia seperti Otsberg (Norwegia) dan tentu saja rekan setim saya, Jari-Matti Latvala (Finlandia) dan Andreas Mikkelsen (Norwegia).

Sesi shakedown sempat terhenti karena ada fotografer yang diseruduk Ford Fiesta RS dikemudikan Michal Solowow. Ambulans masuk mengevakuasi fotografer yang dikabarkan tidak mengalami cedera serius. (otosport.otomotifnet.com)
 
Hasil Sesi Shakedown
1. Sebastien Ogier / Volkswagen Motorsport / Polo R WRC / 1m 59.0s M 
2. Robert Kubica / RK WRT / Ford Fiesta RS WRC / 1m 59.2s M 
= Mads Ostberg / Citroen Total Abu Dhabi WRT / DS 3 / WRC 1m 59.2s M 
4. Kris Meeke / Citroen Total Abu Dhabi WRT / DS 3 / WRC +1m 59.3s M 
5. Andreas Mikkelsen / Volkswagen Motorsport II / Polo R WRC / 1m 59.5s 
6. Jari-Matti Latvala / Volkswagen Motorsport / Polo R WRC / 1m 59.9s M 
7. Yuriy Protasov / M-Sport / Ford Fiesta RS WRC / 2m 01.9 
8. Elfyn Evans / M-Sport WRT / Ford Fiesta RS WRC / 2m 02.1s M