Subhan Aksa Target Menang di PWRC Italia

Bagja - Rabu, 17 Oktober 2012 | 18:55 WIB

(Bagja - )

Persiapan Subhan Aksa ke Rally d’Italia Sardegna pada 18-21 Oktober 2012 sudah sangat optimal. Dari segi fisik dan mental, ia telah siap 100 persen. Motivasinya pun sangat tinggi untuk berjuang meraih kemenangan perdana di katagori FIA 2012 Production World Rally Championship (PWRC) yang dilangsungkan berbarengan dengan kelas manufaktur WRC.

Jagoan Bosowa Rally Team itu menjelaskan seusai melakoni survey lintasan pada 16 lokasi SS (Special Stage) yang menjadi ajang lomba Rally Italia dengan total jarak SS 316,04 km. Ia didampingi Nicola Arena (Italia) yang menggantikan peran Jeff Judd (Selandia Baru) sebagai navigator.

Selaku navigator tuan rumah dengan jam terbang 300 kali di ajang reli nasional dan internasional, Arena memberi banyak masukan buat Subhan saat menyusun pacenote dan hal-hal teknis lainnya. Terlebih bagian-bagian tertentu yang kerap menjebak peserta.

“Mudah-mudahan tak ada kerusakan mobil atau kesalahan seperti di Rally Jerman. Dengan begitu saya bisa fokus meraih hasil terbaik di seri ini, minimal podium seperti di Rally Acropolis dan New Zealand,” tegas Subhan dari Italia pada Rabu (17/10).

Ia memang memancang  target tersendiri di Italia dengan sasaran kemenangan pertama di PWRC. Satu hal yang realistis setelah meraih predikat runner up di Acropolis dan Selandia Baru. Terlebih karakter lintasan Italia yang semuanya gravel dan mirip lintasan reli di Indonesia.

“Lintasannya sangat tricky dan gampang sekali merusak mobil. Tapi, saya yakin tim teknis bisa menyiapkan segala sesuatunya untuk disesuaikan dengan kondisi tersebut,” tegas Subhan yang membesut Mitsubishi Lancer Evolution X yang dirancang-bangun oleh Race Torque Engineering Australia.

Rally Italia merupakan seri ke-7 dari 8 seri PWRC dan seri ke-12 dari 13 putaran WRC.  Kelas PWRC menjadi sorotan tersendiri karena atmosfer kompetisinya masih kental dan sengit. Di atas kertas, masih terbuka peluang bagi 7 pereli untuk menjadi juara dunia PWRC 2012. Beda dengan WRC yang gelar dunianya sudah dikunci Sebastien Loeb (Citroen WRT) pada seri sebelumnya di Perancis. (otosport.co.id)