Toyota Siapkan Mesin Baru Untuk Turun di WRC

Bagja - Senin, 9 April 2012 | 17:43 WIB

(Bagja - )


Pabrikan otomotif raksasa asal Jepang yakni Toyota kabarnya sedang meriset mesin baru yang berjuluk "Global Race Engine". Mesin yang ditenggarai akan dipakai di berbagai ajang balap ini, juga digosipkan akan jadi andalan Toyota turun di ajang FIA World Rally Championship (WRC) karena kemiripan spesifikasi teknis.

Mesin yang sedang dibangun Toyota itu memiliki kapasitas 1.6 liter dengan suntikan turbocharger, persis seperti yang diijinkan dalam regulasi WRC. Saat ini mesin tersebut tengah dites di pusat R&D Toyota Motorsport GmbH (TMG) di Cologne, Jerman dan dikabarkan akan dipasang ke rangka Toyota Yaris.

"Kami sedang membangun mobil dengan aura balap reli S2000 yang ditujukan untuk konsumen terlebih dulu (bukan balap). Ini merupakan proyek R&D yang baru saja dimulai dan masih sangat "hijau" ujar orang dalam Toyota membocorkan proyek rahasia ini. Ia juga mengakui mesin tersebut berjuluk Global Race Engine yang bisa dipasang di mobil apa saja, termasuk Yaris.

"Untuk jangka panjang, memang kami ingin kembali ke balap WRC. Kami pernah eksis disana dan ini adalah langkah kami kembali kesana," tambah narasumber yang tak disebutkan namanya itu. Toyota sendiri sebenarnya sudah punya produk dari TMG yakni Yaris yang sudah dipermak dan terlihat siap untuk turun membalap di lintasan reli.

Semoga saja niat Toyota juga diikuti pabrikan otomotif asal Jepang lainnya agar kiprah balap WRC makin semarak! (otosport.co.id)