Pajak Naik, Triumph Optimis Pasar Mogenya Tetap Tumbuh

billy - Jumat, 28 Maret 2014 | 10:30 WIB

(billy - )


Jakarta - Bulan April mendatang, pemerintah dipastikan menaikan nilai PPnBm dari 75 persen menjadi 125 persen pada motor berkapasitas mesin 500cc ke atas. Hal ini tentu berdampak bagi harga jual motor besar (moge) seperti yang dijual oleh pabrikan asal Inggris, Triumph.

Toh demikian, pihak Triumph menyatakan pasar moge di Indonesia tetap potensial dan terus tumbuh. "Dampak ini memang signifikan buat penggemar motor. Namun kami optimis pasar tetap ada. Karena Triumph mengincar pehobi dari komunitas moge yang relatif sudah mapan dan punya duit. Cuma ya mereka harus merogoh kocek lebih dalam," papar Paulus B Suranto, General Manager Triumph Motorcycles Indonesia.

Salah satu keyakinan akan kecilnya efek kenaikan pajak tersebut pada pasar moge adalah sebagian besar penggemarnya yang membeli motor secara cash. "Berbeda dengan motor kecil yang didominasi pembelian kredit, konsumen moge 70 persennya membeli secara cash."

Tetapi menurutnya kenaikan harga ini cukup besar berdampak bagi konsumen yang baru naik kelas dari motor kecil ke moge. "Biasanya mereka akan menunda pembelian," pungkas Paulus. (motor.otomotifnet.com)