Motor Satu Roda RYNO, Siap Dijual Umum Tahun Depan!

Dimas Pradopo - Sabtu, 7 Desember 2013 | 09:28 WIB

(Dimas Pradopo - )


Amerika – Setelah mengembangkan teknologi motor berpenggerak satu roda selama tujuh tahun, akhirnya kendaraan unik RYNO siap diproduksi massal tahun depan.

Hal ini diumumkan oleh pengembang RYNO yang berasal dari Portland, Amerika yakni Chris Hoffmann yang telah membuka jalur pemesanan pre-order. Buat yang berminat RYNO harus menyiapkan uang muka sebesar 150 US Dollar atau sekitar Rp 1,7 jutaan. Nantinya RYNO akan dilepas 5.295 US Dollar, atau Rp 63 juta.

RYNO sendiri merupakan singkatan dari Ride Your New Opportunity. Dan produk yang siap dijual ini merupakan tampang ke-4 dari evolusi prototype RYNO. Sebelum-sebelumnya, tampilan RYNO terbilang sederhana.

Oiya, cara kerja RYNO saat bergerak tak jauh berbeda dengan Segway, yakni dengan memanfaatkan gerakan badan. Jika ingin maju, bisa condongkan badan ke depan. Cukup miringkan 15 derajat, maka kendaraan personal ini sudah bisa melaju. Sebaliknya, saat ingin mengerem, tinggal tegakan badan. Sehingga tak ada selongsong gas di kendaraan berbobot 72,5 kg ini.

Rahasia agar RYNO bisa berdiri tegak saat bergerak adalah penggunaan roda-roda kecil di bagian dalam ban luarnya. Roda-roda tersebut berfungsi untuk menjaga keseimbangan, serta sebagai sumber gerak saat sensor gravitasi menangkap perintah maju atau berhenti.

Oleh produsennya, RYNO yang dibekali penggerak elektrik ini diklaim mampu menempuh jarak 16 km sekali pengecasan selama 4,5 jam dengan top speed cukup 16 km/jam saja.

Anda berminat? (motor.otomotifnet.com)