Cek Karet Dumper Gir Honda Tiger

billy - Sabtu, 20 Oktober 2012 | 13:18 WIB

(billy - )


Jangan sepele kondisi bos dumper alias karet peredam gir di teromol Honda Tiger CW alias Tiger pelek palang. Karet peredam (bush rear wheel dumper) berjumlah 4 di sebelah kiri, sebaiknya dicek kalau ada kendala. Apalagi kalau gir belakang sudah goyang meski sudah dikencangkan, berarti karet sudah harus diganti.

Karet dumper bisa aus karena menahan baut pengunci gir belakang. Beban entakan putaran mesin saat akselerasi dan deselari bikin kekuatan karet menurun. Memang, tidak ada patokan kapan mesti diganti. Tapi, kalau gir sudah goyang dan ada jeda berputar saat pindah gigi, berarti karet harus diganti.

Problem karet dumper di pelek palang Honda Tiger lantaran si pemilik menganggap bos tahan lama enggak perlu diganti. Di pelek jari-jari juga dipasang dumper. Tapi, risiko penggantian akan jauh lebih dulu karena beban pelek palang lebih berat dibanding pelek jari-jari.

Ada cara mengatasinya yang juga biasa dilakukan bengkel umum. Pakai ring pengganjal yang dipasang di bagian luar lubang masuk baut gir belakang. Risikonya ujung paling luar baut lebih nongol sekitar 0,5 mm. Efeknya bisa kejadian bergesekan dengan ujung belakang lengan ayun.

Salah satu cara yang aman mending ganti bos dumper. Banderol empat karet penahan untuk yang versi genuine part enggak lebih dari Rp 30 ribu. (motorplus-online.com)