Nih Pilihan Sekolah-Sekolah Mekanik Sepeda Motor Pabrikan

billy - Jumat, 20 Juli 2012 | 08:09 WIB

(billy - )

Demi memenuhi kebutuhan tenaga kerja ahli di bidangnya, tidak sedikit dari pabrikan motor yang membuat program hingga sekolah khusus. Baik itu Honda, Kawasaki, Suzuki hingga Yamaha.

Seperti yang terlihat di bawah ini. Setiap pabrikan punya program unggulan sendiri. Tergantung kebutuhan yang dibutuhkan. Misalnya, Honda dengan Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra), Yamaha dengan Yamaha Enginering School (YES).

Tetapi, tidak semua program yang dibuat itu hanya untuk menciptakan tenaga kerja sebagai mekanik. Sebab, ada juga yang punya tujuan atau kesempatan lebih luas dari sekadar mekanik.

Maka itu, siswa dinilai harus lebih cermat memilih program yang ditawarkan pabrikan di bawah ini. Artinya, karir yang diinginkan harus disesuaikan juga dengan sekolah yang akan dimasuki.

Biar lebih lengkap dan tahu masing-masing program yang ditawarkan, silakan simak tiap boks di bawah ini. Pilih mana?

SUZUKI SETARA D-1

Selain memiliki pusat training di Pulogadung yang khusus diperuntukkan bagi mekanik yang sudah masuk di jaringan dealer Suzuki, PT Suzuki Indomobil Motor juga menyelenggarakan pendidikan mekanik baru dari lulusan Sekolah Menengah. “Untuk pendidikan mekanik baru, Suzuki kerja sama dengan Politeknik di beberapa daerah membuka pendidikan mekanik setara D-1,” buka Josep Anthony, Asisten Manager Training Suzuki Roda 2.

Lulusan dari beberapa politeknik ini menyerap materi berupa teknologi Suzuki. Untuk mesuk ke jaringan dealer Suzuki pasti lebih mudah karena secara otomatis, materi teknik sudah dikuasainya.

KAWASAKI 2 KALI SETAHUN

Kawasaki menyelenggarakan pendidikan mekanik dalam dua jalur. Pemula diambil lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan pendidikan mekanik yang sudah tergabung dalam jaringan dealer PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). “Selama masa pendidikan para pemula ini sudah harus menandatangani kontrak kerja dengan KMI,” buka Fredyanto Basuki, Manajer Promosi KMI.

Peserta yang lolos akan diajak mengikuti pendidikan mekanik di KMI selama tiga bulan. Pembukaan pendidikan ini digelar setiap enam bulan atau dua bulan sekali (Maret-Juli). Keterangan lengkap bisa langsung menghubungi KMI di nomor telepon (021) 4523322.

YAMAHA ENGINEERING SCHOOL

Pabrikan Yamaha konsisten untuk terus menghasilkan mekanik berkualitas. Karenanya Yamaha membuat sekolah khusus mekanik, Yamaha Engineering School (YES). Tahun ini memasuki angkatan ke-36.

Untuk angkatan ke-36 YES pendaftarannya dibuka 2 Juli sampai 21 Juli 2012. Sekolah mekanik gratis Yamaha itu ditujukan untuk lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pendaftaran dilakukan di 13 Yamaha Motor Engineering Training Center di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Medan, Padang, Palembang, Lampung, Pontianak, Makassar, Bali, Banjarmasin dan Pekanbaru. Persyaratannya fotokopi raport kelas 1 sampai 3 SMK, fotokopi KTP, SIM C, ijazah, SKCK, pas foto 3x4 dua lembar dan meterai.

ASTRA POLMAN LULUS SIAP KERJA


Polman Astra didirikan sejak 1995 oleh PT Astra Honda Motor (AHM) yang kala itu masih bernama PT Federal Motor. Seiap tahunnya, sekolah ini merekrut 246 siswa baru dari seluruh Indonesia. Sebanyak 35% di antaranya menerima beasiswa Astra secara penuh.

Dari sekolah ini, diharapkan tenaga ahli dalam industri motor terpenuhi. Pembuatan Peralatan Perkakas Produksi (P4) atau dikenal program Teknik Mesin Manufaktur jadi Program studi pertama ada di Polman. "Hingga kini, kami memiliki 7 program studi yang terkait dan mensupport lini bisnis yang dimiliki Astra,” ujar Bartholomeus Hari Dwi Nugroho, Public Relations, Student Affairs & Alumni Dept. Head Polman Astra. Kini sekitar 60% lulusannya kerja di Astra Grup. Info lanjut, klik www.polman.astra.ac.id (motorplus-online.com)