Gagal Uji Tabrak, Datsun GO Dilarang Dijual

Jumat, 7 November 2014 | 17:03 WIB


New Delhi - Gagalnya Datsun GO lulus uji tabrak yang dilakukan Global NCAP berbuntut panjang di India. pabrikan Datsun diminta untuk memberhentikan sementara penjualan Datsun GO di INdia, sampai revisi keamanan mobil ini selesai.

Global NCAP yang mengajukan usulan tersebut. Bahkan, seperti dilansir IndianAutosBlog hari ini (7/11) Kepala Global NCAP Max Mosley sampai harus mengirimkan surat resmi kepada Charlos Ghosn, CEO Renault-Nissan, agar tidak menjual Datsun GO di India.

Global NCAP keukeuh kalau Datsun GO punya struktur bodi yang lemah. Penumpang dan pengemudi dipastikan mengalami cidera serius ketika terjadi tabrakan frontal pada kisaran kecepatan 64 km perjam. 

Bahkan, Global NCAP sampai mengeluarkan pernyataan kontroversial, dimana meski Datsun GO sudah ditambahkan rem ABS dan airbags, tidak lantas menjamin keselamatan pengemudi dan penumpangnya. HAsil pengetesan pun nggak berubah signifikan.

Sebelumnya Nissan mengatakan, kalau Datsun GO sudah memenuhi semua persyaratan keamanan di lokalan India. Namun, lagi-lagi Global NCAP menyangkal pernyataan tersebut. Menurut Global NCAP, reaksi Nissan dengan mengatakan pengembangan dilakukan untuk memenuhi kondisi lokal adalah kebiasaan pabrikan menjawab situasi seperti ini. (mobil.otomotifnet.com)