Mobil Elektrik Kompak Toyota Siap Ikut Program Mobilitas Urban di Perancis

Senin, 15 September 2014 | 12:33 WIB


Grenoble – Sebanyak 70 unit mobil elektrik kompak Toyota i-Road dan COMS akan ikut serta pada program mobilitas urban di Grenoble, Perancis. Program ini akan diluncurkan pada 1 Oktober mendatang dan akan berjalan selama 3 tahun.

Program menarik ini terintegrasi dengan sistem transportasi lokal. Ketujuh puluh unit i-Road mobil listrik roda tiga dan COMS mobil listrik roda empat Toyota akan tersedia sebagai moda transportasi publik untuk perjalanan lokal dalam kota.

Skema berbagi pakai mobil listrik ini sudah diaplikasi di Toyota City, Jepang dengan sistem manajemen Ha:Mo (harmonious mobility) dalam kehidupan sehari-hari. Program yang diberi nama Cite lib by Ha:Mo ini didukung oleh otoritas setempat Grenoble bersama penyedia sumber tenaga listrik EDF, SODETREL dan EDF untuk menyediakan lokasi pengecasan.

Mulai 1 Oktober nanti, semua orang di atas 18 tahun yang memiliki SIM bisa mendaftar ke Cite Lib untuk dapat akses mengendarai mobil listrik Toyota ini. Setelah terdaftar, pengguna bisa mengunduh aplikasi ke smartphone atau tablet untuk melihat lokasi real time dari semua kendaraan yang bisa dipakai atau sedang dicas.

Masyarakat bisa mengambil mobil dan menaruhnya pada lokasi berbeda. Nantinya akan ada 27 titik pengecasan di seputar Grenoble. Jadi, tak usah pulang pergi. Tinggalkan saja di lokasi terdekat untuk dicas ulang dan siap untuk customer berikutnya.

35 Toyota i-Road dan 35 Toyota COM merupakan kendaraan yang user friendly. Contohnya, i-Road mobil listrik roda 3 menggunakan Active Lean Technology bisa rebah seperti gerakan orang main ski, atau mirip dengan motor dan skuter. Dimensinya tak jauh dari motor namun lengkap dengan kanopi sehingga nyaman seperti mobil. Boleh juga nih buat Jakarta! (mobil.otomotifnet.com)