Tips Atasi Kram Dan Kesemutan, Jaga Metabolisme Tubuh

billy - Kamis, 30 Juni 2011 | 09:01 WIB

(billy - )


JAKARTA - Jika kram menyerang ketika mengemudi, sebaiknya langsung menepi dan beristirahat sejenak. Jangan paksakan mengemudi jika otot terasa tidak nyaman atau nyeri. Lakukan gerakan pelemasan otot, dengan meluruskan kaki atau bisa juga dengan pemijatan ringan untuk meredakan kram.

Atau bisa juga dengan mengoleskan balsam, supaya otot menjadi hangat, dan terasa lebih nyaman. Terkadang nyeri masih dirasakan hingga 24 jam setelah hilangnya kram. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, bisa mengkonsumsi obat pengurang sakit, seperti paracetamol dan sebagainya.

Sedangkan untuk ‘kesemutan’, cara mengatasinya adalah dengan mengerak-gerakan bagian yang terasa ‘kesemutan’. Lakukanlah hal tersebut berulang-ulang supaya otot menjadi rileks dan aliran darah kembali lancar.

Jika ‘kesemutan’ menyerang kaki, kendurkan atau lepas sepatu yang digunakan. Jika Anda terlalu kencang mengikat tali sepatu (atau ukuran sepatu terlalu pas bahkan sempit), hal ini bisa menyebabkan aliran darah tidak lancar.

Metabolisme tubuh yang tidak seimbang juga bisa memicu timbulnya kesemutan, seperti gangguan elektrolit darah, akibat kurangnya kalium dan kalsium. “Maka menjaga metabolisme tubuh sangatlah penting. Caranya dengan makan makanan bergizi, berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup,” tutup Dr. Tumpal.   (mobil.otomotifnet.com)