Mobil Bekas Avanza, Laris Manis!

Editor - Kamis, 4 Februari 2010 | 09:25 WIB

Mobil Bekas Avanza, Laris Manis! (Editor - )

OTOMOTIFNET - Kendaraan tujuh penumpang yang mengusung kapasitas mesin 1.300 cc dan 1.500 cc ini memang fenomenal. Ditakdirkan sebagai mobil favorit, sampai bekasnya sekalipun.

Semua sisi mobil multipurpose vehicle (MPV) ini menggambarkan orientasi konsumen yang menginginkan kendaraan angkut banyak penumpang.

Sejak kelahirannya, nyaris tak ada perubahaan berarti. Hanya minor facelift dan pencangkokan VVT-i pada mesin buat sedikit penyegaran.

Sampai saat ini, mobil yang punya aneka pilihan warna ini masuk kasta favorit di kelas mobkas. Seperti yang diutarakan seorang pedagang mobkas saat menjual Avanza tipe G tahun 2005 seharga Rp 112 juta.

”Banyak yang cari warna hitam dan silver. Harganya lebih mahal Rp 2-3 juta,” kata Kris Widagdo, marketing Sabda Motor di Jl Raya Kebayoran Lama No 40, Jaksel.

Sabda Motor sendiri per bulannya, rata-rata menjual dua unit Avanza. Itu pun tergantung ketersediaan unitnya. Makanya, Avanza termasuk unit yang fast moving. Kebanyakan yang membeli adalah pedagang yang di bawa ke Bali.

Hal senada juga diakui H Hanafi, juragan DHI Motor di bilangan Kebayoran Lama, Jaksel. Dia menyebut MPV andalan Toyota itu sebagai mobil bekas terlaris.

Di tempatnya, Avanza tipe G tahun 2007 bisa laku seharga Rp 125 juta. ”Harganya paling stabil dan tingkat depreasiasi sangat kecil,” jabarnya.

Penulis/Foto: Khalif / Khalif