Honda RC213V Lebih Mudah Dikontrol Ketimbang Yamaha, Klaim Rossi

Bagja - Rabu, 28 Agustus 2013 | 15:48 WIB

(Bagja - )


Beberapa tahun lalu, fakta tentang motor Honda yang memiliki tenaga besar namun sulit tampil kencang di tikungan dan terkadang mengalami getar berlebih, memang menjadi masalah utama Honda RC213V hingga 2012. Tapi tahun ini, motor yang ditunggangi oleh Dani Pedrosa, Marc Marquez, Stefan Bradl dan Alvaro Bautista itu tampil sangat superior.

Menurut hasil analisis Valentino Rossi yang pernah membawa Honda meraih titel juara dunia di awal karirnya di MotoGP, bahwa Honda RC213V sekarang memiliki karakter yang sangat mudah dikontrol.

“Sekarang Honda RC213V memiliki presisi yang sangat bagus. Dimana anda bisa mengendarainya seperti motor Ducati Supermotard. Anda dapat melakukan sliding saat masuk ke tikungan dan membuatnya sedikit oversteer. Karakternya sangat berbeda dengan motor Yamaha yang masing-masing memiliki karakter kuat,” papar Rossi.

Meski karakternya sangat berbeda, tapi Rossi menegaskan bahwa Yamaha tidak perlu mengubah karakter motornya. Mengingat Yamaha juga punya kekuatan yang sulit disaingin oleh Honda. Artinya jika Yamaha terus menyempurnakan paket motornya, maka bisa jadi mereka kembali ke jalur kemenangan.

Apalagi kabarnya komponen transmisi baru yaitu seamless transmission, bakal digunakan menjelang akhir musim. Semoga ada jalan yang nyata peningkatan performa Yamaha untuk seri-seri selanjutnya. (otosport.co.id)