Mampu Manfaatkan Grip Ban Dengan Baik, Kunci Marquez di Sesi Kualifikasi

Bagja - Minggu, 18 Agustus 2013 | 20:18 WIB

(Bagja - )


Sirkuit Indianapolis Motor Speedway (IMS) adalah tipe sirkuit yang banyak menuai keluhan karena permukaan lintasannya membuat ban minim grip. Sehingga banyak pembalap yang tidak bisa memaksimalkan sudut kemiringan motornya saat menikung.

Tapi hal sebaliknya justru ditemukan Marquez di sesi kualifikasi. Dimana timnya mampu memberikan motor yang sesuai dengan ekspektasinya, terutama pada grip ban. Kondisi inilah yang menurutnya menjadi alasan utama mengapa ia mampu meraih lap tercepat di sesi kualifikasi.

“Kami tahu sesi kualifikasi adalah sesi single lap yang butuh kesempurnaan performa dalam 1 lap. Kebetulan grip ban motorku sangat baik pada saat itu, hingga akhirnya bisa kumanfaatkan dengan baik. Mencetak lap tercepat yang fantastis merupakan modal besar untuk meraih kemenangan saat balapan nanti,” prediksi Marquez.

“Satu-satunya kekhawatiran kami adalah kondisi yang cepat berubah, membuat strategi penggunaan ban akan sangat penting. Dimana pembalap harus mengambil resiko besar ketika temperatur berubah dengan cepat. Jelas durabilitas ban adalah kunci utama saat balapan nanti,” terangnya.

Meski Marquez sendiri tidak ingin sesumbar tentang performanya, tapi ia punya kans yang sangat besar untuk memenangi balapan. Kecuali jika memang ia salah dalam memilih kompon ban nantinya. (otosport.co.id)