Performa Ban Tidak Konsisten, Bikin Vettel Kecewa di Tes Terakhir

Bagja - Senin, 4 Maret 2013 | 08:56 WIB

(Bagja - )

Awal tahun 2013 lalu, Pirelli mengklaim bahwa karakter performa ban yang mereka usung tahun ini, diprediksi bakal membuat pembalap akan tampil ‘all out’ tanpa harus lagi beradaptasi dengan karakter ban. Namun ternyata itu tidak berlaku bagi Sebastian Vettel sang juara dunia Formula 1 tahun 2012 lalu.

Menurutnya, di sesi tes terakhir di Sirkuit Catalunya, Spanyol yang berlangsung sejak Kamis (28/2) performa ban Pirelli di mobilnya sangat tidak konsisten. Akibatnya ia sulit melihat performa yang sebenarnya pada RB9. Bahkan juga sulit untuk mencari sisi yang tepat untuk pengembangan performa mobil.

“Kami tidak pernah bisa melakukan hasil terbaik sesuai ekspektasi tim, karena apa yang kami lakukan di sesi tes terakhir, jauh dari harapan. Sulit mengerti bagian mana yang akan kami improvisasi, karena performa ban sangat tidak konsisten. Dari tiga sesi tes yang kami jalani di awal musim 2013, sulit mengerti apa yang bisa dilakukan ban untuk performa mobil,” sesal Vettel.

Tapi Vettel masih tetap optimis dengan performa mobil mereka di seri perdana nanti. Meski melihat kenyataan di sesi tes, duo pembalap tim Mercedes GP tampil superior. “Sekarang ini masih sangat sulit melihat kompon mana yang sesuai dengan karakter mobil. Jadi masih ada kesempatan untuk memperbaiki performa mobil nantinya,” optimisnya. (otosport.co.id)