Whiting Yakin Mesin Baru F1 2014, Akan Berteknologi Tinggi!

Bagja - Jumat, 4 Januari 2013 | 06:16 WIB

(Bagja - )


Perubahan regulasi Formula 1 yang akan berlaku di tahun 2014 mendatang, yaitu mesin dengan kapasitas 1.600 cc turbocharger dan konfigurasi V6, dipastikan bakal memiliki teknologi tinggi. Meski ada keraguan yang tinggi pada suara mobil yang tidak akan mencerminkan ajang balap Formula 1, namun Charlie Whiting selaku delegasi teknis dari FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) berpendapat berbeda.

Ia memang mengaku bakal ada perubahan pada suara mobil yang mungkin tidak melengking lagi seperti sekarang ini. Namun pria yang akrab jadi race director F1 itu, merasa yakin bahwa ini hanya masalah waktu saja. Ia percaya bahwa orang-orang juga akan segera terbiasa dengan itu.

“Ini adalah tantangan besar bagi maufakur mesin. Rasanya tidak sabar melihat mesin tersebut mulai di uji, untuk melihat betapa komplikasinya mereka dan saya yakin itu akan menjadi mesin dengan teknologi sangat tinggi,” ucap Whiting.

“Kalau masalah suara mobil, rasanya orang-orang akan segera terbiasa dengan itu. Ya kembali lagi, saat kami melihat BMW bermesin 4 silinder yang sempat dipakai oleh Brabham. Dimana putaran mesinnya hanya 11.000 RPM, rasanya asyik-asyik saja. Jelas suaranya masih akan berisik,” pungkasnya. (otosport.co.id)