Tunggu Kepastian Tahun Depan

Editor - Kamis, 19 Agustus 2010 | 11:54 WIB

(Editor - )

 

OTOMOTIFNET - Meski rencana one make race (OMR) telah digadang jauh-jauh hari sebelum Ford Fiesta diluncurkan ke pasar Tanah Air, namun kepastian gelaran balap mobil 1 merek ini masih belum jelas. Padahal, sudah banyak publik balap yang menanti kehadiran program ini. Sebelumnya, rencana OMR Fiesta akan diselenggarakan di pertengahan musim tahun ini. Namun kemudian diundur hingga tahun depan.

Toh, tahun depan pun masih belum dapat dipastikan. Hal tersebut dikemukakan oleh Davy Tuilan, direktur pemasaran Ford Motor Indonesia saat ditemui di peluncuran Fiesta bermesin 1.600 cc di Indonesia International Motor Show 2010 beberapa waktu lalu.

Davy tidak mau menyebut jika proyek ini dibatalkan, namun ia lebih memilih kata ‘menunggu kepastian’. “Buat saat ini kita masih fokus untuk jualan karena produknya juga baru diluncurkan. Tahun depan tak menutup kemungkinan itu, namun saat ini kita sedang menunggu kepastian dari beberapa pihak yang terlibat,” terang Davy.

Tidak seperti OMR Ford Focus yang sukses terselenggara tahun lalu, jika seandainya OMR Fiesta terselenggara, subsidi dari ATPM tak bisa sebanyak saat Focus dulu. Davy bilang latar belakang keduanya tak bisa disamakan. Jika Focus dulu untuk menghabiskan stok yang belum terjual, saat ini Fiesta tergolong sebagai produk laris. “Tentunya jika kita beri subsidi tak bisa sebesar Focus dulu yang hingga mendekati Rp 100 juta. Namun kita akan tetap berikan subisidi,” tambah eksekutif yang sedang keranjingan iPad ini.

Saat ini, varian termurah Fiesta bermesin 1.400 cc dengan transmisi manual dijual seharga Rp 167 juta (tipe Style-on the road Jakarta). Jikapun disubisidi hingga harga jualnya tinggal Rp 140-150-an juta, rasanya masih ada peminat.

Davy menegaskan pihaknya belum dapat memastikan proyek OMR Fiesta akan terselenggara tahun depan. Menurutnya masih banyak pihak yang harus dipastikan, termasuk siapa promotor gelaran tersebut. Namun Davy tak mengelak jika promotor OMR Ford Focus dulu (Focus Motorsport) memang punya kesempatan lebih besar menggarap proyek ini.

Penulis/Foto: Bim / Benny