Mazda2 Berlaga Di Sprint Reli?

Editor - Senin, 10 Mei 2010 | 08:17 WIB

(Editor - )

OTOMOTIFNET - Wacana bakal digelarnya one make rally (OMR) Mazda 2 menguat setelah Yoshiya Horigome, bos Mazda Motor Indonesia datang ke trek reli Dawuan, Cikampek, Jabar belum lama ini. Rencananya, OMR Mazda 2 itu akan menjadi supporting KFC Sprint Rally yang akan digelar tahun ini.

Ketika datang pada acara latihan bersama para pereli di Dawuan itu, Horigome memang sempat terkesima. Pasalnya, animo para peserta sangat antusias dan melihat masih terbuka luas pasar yang bisa disasar.

Horigome bertemu dengan bos gelaran, Ricardo Gelael yang membawa 4 buah mobil Subaru Impreza yang masing-masing harganya sekitar Rp 2,5 miliar. Ia juga melihat kedatangan Cody Crocker, juara Asia Pacific Rally Championship 3 kali dari Australia.

Menurut Johny Pramono, tokoh motorsport nasional, ajang sprint reli bisa dijadikan sebagai promosi yang ideal buat produk mobil baru. Apalagi lokasi event mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dari Jakarta.

"Saya sempat ngobrol dengan Mr. Horigome tentang kemungkinan membuat OMR Mazda2 sebagai produk andalan Mazda saat ini. Tapi, masih harus dipertemukan dengan Pak Ricardo Gelael," kata Johny.

Johny yang pengalaman mengemas berbagai event balap roda empat, bahkan telah mendiskusikan dengan kedua belah pihak. Jika harga Mazda2 on the road di kisaran Rp 170 juta lalu dimodifikasi sehingga menjadi sebuah mobil reli yang siap pakai menghabiskan antara Rp 150-180 juta, diperkirakan harga mobil Rp 360 juta.

"Soal harga, tergantung dari penglihatan tertentu termasuk Pak Ricardo. Angka Rp 360 juta dengan safety dan kenyamanan untuk sprint reli, ikut 8 seri selama 2 tahun tentu masih wajar," lanjut Johny.

Pria kalem ini memprediksi tidak susah untuk memasarkan 10 mobil yang ditargetkan. Jika kompetisinya menarik, misalnya para penyuka reli sekelas Ijeck, Roy Nirwan hingga Ricardo Gelael tentu tidak sudah untuk mengambil masing-masing 2 unit.

Mobil bisa diproyeksikan kepada para pereli muda, apalagi eventnya sprint reli yang lebih sederhana dari reli panjang.

Tak hanya 8 seri dalam setahun, komunitas bisa melakukan latihan bersama atau menggelar event sekelas Sunday Afternoon Rally. Mengingat sirkuitnya permanen dan mudah dijangkau karena tidak jauh dari ruas tol Cikampek.

"Jika dikelola profesional, saya percaya event akan berkembang menarik dan banyak peminatnya," tambah mantan pereli ini.

Hutomo Mandala Putra, lanjut Johny, justru menganjurkan akan lahan miliknya di Dawuan itu dimaksimalkan untuk kegiatan otomotif. Karena event KFC Sprint Rally akan digelar ditambah dengan OMR Mazda2 mendapat dukungan dari mantan ketua umum PP IMI itu.

Poedio Oetojo dari Serge Motorsport memastikan ajang KFC Sprint Rally akan digelar dalam 4 putaran. Yakni putaran 1 & 2 pada 12-13 Juni 2010 dan putaran 3 & 4 pada 16-17 Oktober 2010. "Untuk OMR Mazd 2 masih dalam proses. Rencananya mulai digelar pada akhir tahun," sebut Mas Oetje, sapaannya.

Astrid Aryani, marketing communication PT Mazda Motor Indonesia menerangkan bahwa kemungkinan menggelar OMR Mazda2  masih dibahas di internal.

"Nanti kalau sudah ada perkembangan, pasti kami sampaikan ke teman-teman pers. Event ini sangat menarik karena menguji keandalan mobil. Mudah-mudahan segera ada kepastian," ujar Astrid.


Penulis/Foto: Bud / Reza