Dalam 20 Detik, Honda Bisa Lahirkan 1 Skutik

Dimas Pradopo - Senin, 29 April 2013 | 15:41 WIB

(Dimas Pradopo - )


Menyaksikan proses pembuatan motor varian skutik Honda langsung di pabriknya di Cikarang, Jawa Barat, cukup membuat takjub. Bagaimana tidak, hanya butuh waktu 20 detik, PT Astra Honda Motor mampu menghasilkan satu unit skutik.

Varian skutik Honda yang terdiri dari BeAT, Vario series, dan Scoopy memang semuanya diproduksi di pabrik ketiga milik PT AHM ini. Di pabrik ini memiliki empat line, berarti setiap 20 detik lahir empat motor skutik Honda. Satu hari dipotong istirahat, produksinya mencapai 9.600 unit,wow!

“Ada dua perakitan utama, yakni assembling engine untuk mesin dan assembling unit untuk satu motor utuh. Masing-masing memiliki dua shift dengan total waktu kerja 16 jam. Itu artinya dalam satu hari kami mampu memproduksi motor skutik sekitar 9.600 unit,” jelas Ali Hendi Arifin, Section Head Corporate Communication PT AHM, saat memandu wartawan melakukan kunjungan pabrik.

Saat ini pabrik ketiga AHM di Cikarang merupakan pabrik terbesar, sebelumnya AHM telah memiliki dua pabrik di Sunter, Jakarta Utara dan Pegangsaan, Jakarta Utara.

Pada 17 Mei 2013 mendatang, AHM juga berencana membangun pabrik yang lebih besar lagi di Karawang, Jawa Barat. Pabrik itu memiliki luas lahan 84 hektar, dan ditargetkan mampu memproduksi hingga 1 juta unit perbulannya.

“Bocoran aja nih ya, 17 Mei nanti rencananya kita akan ground breaking pabrik keempat kita di Karawang. Tunggu kabar selanjutnya ya,” kata Kristanto, Head of Corporate Communication PT AHM di hadapan wartawan. (motorplus-online.com)