Suzuki Nex Injeksi Indonesia Dijual di Thailand, BBM Tembus 294 Km/L?

Dimas Pradopo - Senin, 23 Juli 2012 | 13:12 WIB

(Dimas Pradopo - )


Sudah tahu kan kalau Suzuki Indonesia menjadi basis produksi Suzuki Nex di Asean. Pada tulisan sebelumnya bahkan sudah dipaparkan langkah ekspor matik unggulan Suzuki ini dari tanah air ke Thailand. Dan akhirnya, pertengahan bulan Juni lalu, Suzuki Nex FI (Fuel Injection) resmi dipasarkan di Thailand..

Matik ini diimpor secara CKD (Completely Knocked Down) dari Indonesia. Memang tidak 100 persen, karena ada beberapa komponen yang tetap menggunakan part lokal dari Thailand. Jadi spesifikasinya pun hampir sama seperti yang dipasarkan di Indonesia.

Mesinnya tetap 113 cc SOHC dengan tenaga 9,4 hp di 8.800 rpm. Torsinya 8,7 Nm di 6.500 rpm. Keunggulan bobot yang ringan dan tinggi jok yang nyaman untuk wanita sengaja dijadikan selling poin untuk konsumen Thailand. Sedang konsumsi BBM-nya, Suzuki Thailand mengklaim motor ini mampu menempuh jarak 56 kilometer dengan satu liter bensin.

Bahkan dalam sebuah kompetisi lomba irit bahan bakar yang digelar oleh Suzuki Thailand, didapat hasil yang sangat mengagetkan. Juara pertamanya diklaim mampu membuat Suzuki Nex FI berjalan hingga 294,7 kilometer hanya dengan satu liter bahan bakar.

Wah, enggak habis pikir! Cara berkendara dan metode pengukuran seperti apa yang dilakukan oleh mereka. Sebenarnya dengan klaim pabrikan yang mencapai 56 kilometer per liter saja sudah sangat hemat dan masih masuk akal.

Secara harga, Suzuki Nex FI ini dijual sedikit lebih murah ketimbang di Indonesia. Di sana harganya hanya 38.900 Baht atau Rp. 11,9 jutaan. Sedang ATPM Suzuki di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjual motor ini seharga Rp 12,65 juta. (motorplus-online.com)