Basic Mesin Sama, Komponen Upgrade Motor Matik Juga Mirip-Mirip

Editor - Senin, 9 Agustus 2010 | 07:27 WIB

Base Mesin Mirip, Part UpGrade Tidak Jauh Beda (Editor - )

OTOMOTIFNET - Mendongkrak power skutik Honda; Vario, Vario CBS Techno, BeAT dan Scoopy, saat ini gak susah lo.

Maklum, peranti pendukungnya mulai banyak di pasaran.

“Umumnya part itu saling terkait. Karena base engine-nya sama,” kata Juffry Willar, R&D Mitra2000 di Lodan Center, Lodan, Jakut. Mari didetailkan part-nya.

Piston
Diandalkan untuk mendongkrak kapasitas mesin. Terutama dipilih yang diameternya lebih besar dari standar. Seher buat BeAT dan Scoopy bisa pakai ukuran 53 mm berlabel FIM dan cc yang awalnya 110 terkerek jadi 123 cc. Piston ini bisa ditebus dengan harga sekitar Rp 225 ribu.

Tapi untuk Vario series ukuran piston jadi penting sebab fitur radiator yang diadopsi dan dinding blok dilapisi water jacket, membuat proses bore-up terbatas. “Saya lebih sreg pakai piston FIM ukuran 58 mm, karena lebih aman dan makan liner blok hanya 0,5 mm,” urai Johnny Holle mekanik Johnny Holle Motor (JHM) di Jalan Karya 2 No56, Daan Mogot, Jakbar.

Noken as
Produk aftermarket buat BeAT dan Scoopy, tersedia merek CLD berdurasi 267 derajat. Alhasil, klep membuka lebih lama, akibatnya kabut bensin menggelontor lebih deras memenuhi ruang bakar, part ini dijajakan Rp 300 ribu.

Untuk Vario ada, tapi durasi 254 derajat. Angkatannya tak setinggi buat BeAT. “Gak terlalu pengaruh lift noken as tinggi kalo masih buat harian, lagian kasihan mesin dipaksa meraung demi mengail rpm tinggi terus,” ujar Dodo Zulianto pemilik gerai Dodo Racing.

Per CVT
Demi membantu proses transfer tenaga dari mesin ke roda jadi lebih cepat. Spesifikasinya, material kuat dan keras dibanding aslinya. Sehingga daya tekan atau dorongnya juga lebih yahud. “Putaran bawah jadi lebih sadis dorongannya, tersedia untuk rpm 1.000, 1.500 dan 2.000. Sedang harganya Rp 75 ribu,” timpal Juffry Willar.

Roller CVT
Roller yang bermaterial teflon ini punya pori-pori rapat sehingga tidak berubah bentuk dihajar panas, tersedia ukuran 8-11 gram, dengan interval 0,5. Roller ini bisa ada di tangan dengan uang Rp 13 ribu. “Kenapa ada ukuran 0,5-nya? Biar makin presisi settingannya, untuk per CVT dan roller stok lengkap untuk Vario dan BeAT,” tutur Juffry yang masih berdarah Makassar ini.

CDI
Diaplikasi buat memaksimalkan sektor pengapian agar proses pembakaran lebih maksimal. Efeknya performa ikut terdongkrak. Cukup banyak merek dan tipe CDI dijual buat skutik Honda garapan produsen CDI. Tentu dengan beragam tawaran fitur dan harga pula.

Komponen ini biasanya diandalkan untuk mendukung kinerja bagian lain yang sudah dioprek, seperti porting polis, bore-up atau pasang knalpot racing. Tapi ada juga sih, yang mengandalkan part ini untuk harian, sekadar untuk mengail akselerasi lebih sip. Mau ikut pasang?

Penulis/Foto: Aant, Iman / Iman, Banar