Honda Cross Brio, Inikah SUV Murah Honda?

Kamis, 2 Januari 2014 | 11:04 WIB


Jakarta - Beberapa waktu lalu diberitakan kalau Honda tidak akan menjual Honda Vezel di pasar negara-negara berkembang. Sebagai gantinya, pabrikan Jepang ini akan membuat SUV murah dari Honda Brio. Seperti inikah wujudnya?

Sebuah rendering dengan menamakan dirinya Honda Cross Brio muncul, sebagaimana dilansir Indianautosblog, hari ini (2/1). Tampangnya memang sepertinya mendukung sebagai sebuah SUV kecil, meski memang wujud Honda Brio sebagai citycar masih sangat jelas terlihat.

Rendering ini hanya menambahkan bodikit pada bagian bawah bumper, pelindung spakbor, juga side skirt yang dibuat lebih kokoh. Ban pun sudah pasti lebih besar. Tapi, benarkah bakal hanya seperti ini SUV murah Honda? Otomotifnet.com yakin, Honda tidak akan mengambil jalan pintas dengan sekedar merekayasa sebuah citycar menjadi SUV.

Memang, platform Honda Brio terkenal sangat fleksibel, dan mudah untuk dibentuk jadi mobil jenis apapun, seperti Brio Amaze sedan, maupun Honda Mobilio yang bergenre MPV. Tapi, apa semudah itu untuk membuat SUV?

Namun, mengembangkan crossover pada platform ini tidak sekedar meninggikan ground clearence, tapi juga akan membutuhkan sedikit re-engineering, misalnya, dudukan roda perlu diperbesar agar sesuai ban yang lebih besar pula. 

Jadi, bakal seperti apa nantinya hasil kreasi Honda untuk mempermak Honda Brio menjadi sebuah SUV murahnya? Kita tunggu saja. (mobil.otomotifnet.com)