Mini Anyar Lebih Luas dengan Mesin Baru, Memperingati Ultah Issigonis

Selasa, 19 November 2013 | 11:20 WIB



Oxford - Mini cukup gencar menampilkan varian-varian terbaru. Masih tahun ini, merek asal Inggris yang kini di bawah bendera BMW AG, itu telah meluncurkan Mini John Cooper Countryman dan Paceman dengan teknologi All Wheel Drive. Kemarin (18/11), kembali memperkenalkan generasi terbaru mobil kecil ikonik di pabrik Oxford yang dimensinya diklaim sedikit lebih besar dari model sekarang.

Hatchback baru tiga pintu ini tercatat sebagai model pertama didukung oleh tim rekayasa mobil kompak keluarga di BMW Group. Karya mereka ini juga akan dibagi dengan model entry-level BMW. Peluncuran ini menandai ultah Sir Alex Issigonis ke-107 sebagai perancang Mini asli.


Peter Schwarzenbauer, anggota dewan BMW yang bertugas di Mini, mengatakan bahwa Mini memainkan peran kunci dalam strategi BMW dengan desainnya yang unik dan memiliki daya tarik global, terutama bagi generasi muda. "Konsumen semakin berhemat untuk mobil yang lebih kecil dan kami memiliki rencana besar untuk Mini," papar Schwarzenbauer.

Pihak Mini menegaskan versi baru memiliki penanganan yang lebih tepat dan sporty dibandingkan model saat ini. Hatchback ini akan dipasarkan secara global, termasuk Eropa dan Amerika mulai musim semi.

Desain Mini baru yang tercatat sebagai generasi ketiga sejak BMW mengakuisisi merek Inggris ini, sedikit berubah dari model sebelumnya. Bisa digambarkan sebagai penyempurnaan, di antaranya bobot yang dikurangi dengan pemakaian lebih banyak baja kekuatan tinggi.

Tak cuma itu, sistem power steering elektronik baru sangat menunjang kelincahan, keamanan, dan kenyamanan berkendara. Ditambah, sistem pengereman lebih ringan dan memiliki gesekan terbaik dari model sebelumnya.


Ruang kabin, diklaim Mini lebih luas berkat panjang 3.821 mm (lebih melar 98 mm dari yang lama), lebih tinggi 7 mm (1.414 mm), dan lebar 1.727 (44 mm dari model saat ini) serta wheelbase yang 2.495 mm (28 mm). Dengan dimensi yang serba lebih dari pendahulunya membuat volume bagasi menjadi 211 liter, lebih luas 51 liter.

Mengenai mesin, untuk pasar Eropa ada tiga pilihan yang semuanya baru dilengkapi dengan twin-turbocharged. Pertama, mesin bensin 1.5L tiga silinder mempunyai tenaga maksimum 136dk. Kedua, masih bensin 2.0L empat silinder  mampu memuntahkan tenaga sampai 192 dk, dan terakhir diesel 1.5L 116 dk. Semuanya dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan, sedang otomatis hanya tersedia untuk bensin.

Setelah di Oxford, publik bisa menyaksikan Mini baru ini secara bersamaan di Tokyo Motor Show dan Los Angeles Motor Show.   (mobil.otomotifnet.com)