Smart FourJoy Tidak Lagi Jok Ganda

Rabu, 11 September 2013 | 15:20 WIB


Frankfurt - Gelaran akbar Frankfurt Motor Show yang dibuka untuk wartawan, kemarin (10/9), diramaikan mobil-mobil konsep biru alias ramah lingkungan. Mulai dari ukuran besan sampai yang kecil, di antaranya dari Smart menampilkan konsep FourJoy. Dirancang dengan atap terbuka guna mewujudkan "murni keriangan" saat berkendaraan, kendaraan ini sebagai generasi berikut dari ForTwo dan ForFour.

Desain gril berupa sarang lebah dan lampu utama LED menjadi ciri pembeda utama dengan model sebelumnya. Lebih khusus lagi, pada bagian bemper, kap, dan belakang dilapisi aluminium tridon sebagai pelindung yang kontras dengan cat putih mutiara.

CEO Smart Dr Annette Winkler mengisyaratakan, "Proporsi eksterior FourJoy menunjukkan kalau kendaraan ini mempunyai empat jok dan akan diluncurkan akhir 2014."

Rancangan interior sungguh menarik yang terinspirasi dari ruang perabotan modern dan jok yang mengambang, sebuah konsul tengah yang panjang dan kemudi berpalang tunggal. Kemudian, lisnya metallic, paduan pedal dan dibekali dua smartphone sebagai sistem infotainment.

FourJoy dibekali motor listrik bertenaga 75PS yang diaktifkan oleh baterai lithium-ion 17,6kWh. Mengenai performa belum diungkapkan, tapi pihak Smart mengklain kalau mobil ini "lincah dan hidup untuk dikemudikan". Pengisian baterai butuh 7 jam menggunakan listrik rumah.