Ford Mustang Thunderbirds Edition, Kalau Pesawat Tempur jadi Mobil

Rabu, 3 Juli 2013 | 08:06 WIB



Amerika – Sebagai bentuk penghargaan terhadap tim demonstrasi udara, US Air Force Thunderbirds yang berulang tahun ke-60, Ford merilis Mustang Thunderbird Edition. Kendaraan yang dikenalkan belum lama ini merupakan versi ‘mobil’ dari pesawat tempur tunggangan tim Thunderbirds.

Dari sisi eksterior, Mustang Thunderbirds Edition dilabur kelir putih bergrafis merah dengan tema cat yang senada dengan F-16 Falcon dari tim Thunderbirds.

Selain itu, tertanam juga beberapa komponen kompetisi dari Ford Racing, termasuk supercharger dan kit suspensi. Sementara sistem pengereman dipercayakan pada Brembo.

Di dalam kabin, Ford menyematkan navigation screen dan instrument cluster dengan elemen Thunderbirds. Ada pula sil plate dan puddle lamp yang akan memproyeksikan siluet F-16 di tanah saat pintu terbuka. Untuk mendukung kesan ringan, jok belakang turut dicopot.

Rencananya hanya ada satu mobil yang akan diproduksi. Dan Mustang Thunderbird Edition akan disumbangkan untuk amal bagi badan EEA AirVenture di Oshkosh, Wisconsin pada bulan Agustus mendatang. (mobil.otomotifnet.com)