Di Usia Tak Muda, Scanner Wiring Harness Mercy E320 New Eyes Perlu Dilakukan

Editor - Rabu, 28 April 2010 | 10:19 WIB

(Editor - )

OTOMOTIFNET - Kondisi kabel-kabel atau wirring harness yang selalu dalam kondisi fit jadi keharusan Mercedes-Benz. Termasuk seri W210. Pastikan wiring harness masih optimal di usianya yang menginjak 12 tahun. “Kabel Jerman memang bagus, namun usia pakai terbatas sehingga kualitas kabel mesti di cek alat diagnostik,” jelas Otte dari Otte Autorepair di bilangan Kebon Jeruk, Jakbar.

Biaya pengetesan dengan scanner hanya dipatok antara Rp 250-300 ribu. “Kalau ada kesalahan pada kabel akibat short circuit atau tahanan di atas spesifikasi pabrik langsung terdeteksi,” jelas Otte lagi.

SISTEM PENDINGIN
Sedan asal Eropa di desain untuk 4 musim, makanya sistem pendinginan untuk E320 dengan mesin 6 silinder segaris, dilakukan oleh viscous fan dan 2 buah electric fan.

Bila kondisi viscous sudah lemah, segera ganti yang baru. Hindari akal-akalan seperti menyuntik ulang minyak visco karena umurnya tak akan lama. Toh harganya tak mahal, sekitar Rp 800 ribu. Termasuk electric fan yang memakai 2 sensor rpm. Ganti saja untuk menghindari gejala overheat.

FILTER UDARA DAN OLI

Kondisi iklim yang tidak stabil di tanah air dan debu alias kotoran di udara terbuka membuat kualitas penyaring cepat afkir.

Lakukan peng­gantian filter udara dan oli secara rutin setiap kali tune-up. Dengan  biaya anggaran tak sampai Rp 300 ribu (filter udara dan oli versi OEM berkualitas bagus), penyaring kotoran sudah menjadi menu wajib.

Penulis/Foto: Kl:X / Dok.Otomotif, KLX