Spesialis Dinamo, Jebol Lantaran Kelebihan Beban

billy - Selasa, 24 Juli 2012 | 14:22 WIB

(billy - )


Silakan mengunjungi Dinamo Sulaiman yang ada di Jl. Ngagel No 45 Surabaya. Lokasi tepatnya bengkel yang khusus menangani segala macam dinamo ini berada di dekat asrama polisi. “Kebanyakan yang melakukan perbaikan seputar dinamo amper atau motor starter yang rusak, biasanya sih karena kelebihan beban atau susah untuk distarter,” bilang Sulaiman.

Ambil contoh untuk problem dinamo amper yang rusak IC-nya karena kelebihan beban, biasanya lantaran terbakar. “Untuk kerusakan tersebut harus diganti total tidak bisa diperbaiki, ongkosnya bisa mencapai kisaran Rp 125 ribu sampai 700 ribu,” jelasnya. Sedangkan kalau sekalian pemasangan tinggal menambah Rp 75 ribu saja. “Tergantung jenis kendaraan dan tingkat kesulitan pemasangan,” tambahnya.

Selain karena IC, dinamo amper juga bisa rusak di bagian rotornya karena termakan umur. Sementara itu untuk jasa perbaikan sekitar Rp 150 ribu, tapi jika diganti bisa mencapai Rp 250 ribu sudah termasuk pemasangan. “Berbeda jika motor starter yang rusak, perbaikan yang harus dilakukan bisa karena karbon atau switch starter yang kotor dan untuk estimasi biaya kurang lebih mulai Rp 85 ribu tergantung jenis mobil,” tutup Sulaiman sembari memberi nomor yang bisa dihubungi 0812-3542929.