Double Cabin, Berebut Pasar Industri Lewat Teknologi

billy - Jumat, 23 Maret 2012 | 11:03 WIB

(billy - )


Bulan ini ada dua mobil baru double cabin diperkenalkan ke konsumen yakni All New Chevrolet Colorado dan All New Ford Ranger. Colorado resmi dipasarkan seharga mulai dari Rp 265 juta-Rp 343 juta. Ditawarkan dalam tiga varian, Extended Cab, Crew Cab LT, dan Crew Cab LTZ. Sementara New Ranger belum jelas kapan di-launching tapi pastinya tahun ini juga.

Sebagai pemain baru, Martin Apfel, presiden GM Southeast Asia yakin, produknya dapat diterima pasar Indonesia. Terutama pasar industri pertambangan, perkebunan, gas dan perminyakan serta angkutan barang dan jasa. "Pikap ini dipasarkan di 60 negara dan Indonesia menjadi negara kedua di dunia setelah Thailand," kata Apfel. All New Colorado 2.5L Duramax Turbo-Diesel dikembangkan di lima benua selama 5 tahun terakhir dan menghabiskan dana pengembangan hingga US$2 miliar.

Bagus Susanto, Managing Director PT. Ford Motor Indonesia (FMI) dalam soft launching New Ranger 2.2L TDCI (turbo diesel common rail injection) juga menyatakan optimis bisa meraup penjualan lebih tinggi. Sejumlah teknologi terkini menjadi andalannya, antara lain Bluetooth voice command connectivity, fitur keamanan electronik Stability Program (ESP), Hill Launch Assist, Hill Descent Control, serta 6-speed powershift transmission pertama di kelasnya. Tahun 2011 retail sales New Ranger sebesar 6.135 unit.

Mutakhir

 Toyota Hilux, mesin baru lebih irit, All New Ford Ranger, menjual lebih tinggi
Sepanjang 2011 pasar double cabin nasional mencapai total penjualan 17.815 unit, meningkat dari tahun sebelumnya yang 14.404 unit (data GAIKINDO). Namun dari data retail pasar pikap 4x4 menyatakan total 2011 sebesar 20.733 unit.

“Mitsubishi Strada/Triton masih merajai pasar ini sebanyak 7.705 unit, “ungkap Intan Vidiasari, Head of PR PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). disusul Ford 6.135 unit, Toyota (Hilux) 3.646 unit, kemudian Mazda (BT-50) 1.521 unit, Isuzu (D-Max) 958 unit, Nissan (Navarra) 768 unit. Dan Colorado menjadi pemain ketujuh di tahun ini. Untuk bulan Januari dan Februari 2012 sudah terkumpul total penjualan retail sebesar 2.307 unit.

Sebagai wujud keseriusan dalam mengembangkan pasar kendaraan komersialnya, para pabrikan sudah dan tengah bersiap memperkenalkan varian termutakhirnya. Toyota pertengahan tahun silam melepas New Hilux single cab dan double cab tipe E Rp 316 juta dan G Rp 335 juta dengan mesin gres 2.5L Common Rail VN Turbo Intercooler (VNT) agar mampu menjelajah di berbagai medan.

 Triton, rajanya pasar double cabin
PT. Mazda Motor Indonesia (MMI) diketahui juga akan melansir versi terbaru BT-50 tahun ini. Saat ini PT. MMI memasarkan 8 varian BT-50 (Single Cab, Double Cab, Freestyle Cab), dengan pilihan penggerak 4×2 dan 4×4. Harganya berada di rentang Rp 153 juta-Rp 306 juta.

“Sebagian besar pengguna All New Ranger adalah corporate fleet di bidang perminyakan, pertambangan dan perkebunan. Namun dengan desain dan kenyamanan yang tak kalah dengan mobil penumpang, juga diminati customer perorangan di perkotaan,” jelas Bagus. Desain, model, teknologi dan kenyamanan sekelas sedan mewah menjadi pertimbangan kaum privateer ikut mengonsumsinya. Tahun ini ia optimis pasar double cabin akan tumbuh sebanyak 10%. (mobil.otomotifnet.com)