Rossi Tutup Musim Kelabu Bersama Ducati

Bagja - Senin, 12 November 2012 | 16:49 WIB

(Bagja - )

Tidak ada kegembiraan yang dirasakan Valentino Rossi ketika menutup musim bersama Ducati. Cuaca yang mendung di Valencia seolah merefleksikan suasana hati pembalap asal Italia tersebut yang hanya mampu mencapai finish posisi 10 pada seri final MotoGP. Dua musim bersama Ducati, Rossi hanya mampu meraih podium 2 sebanyak 2 kali. Yaitu di MotoGP Perancis (20/5) dan San Marino (16/10).

Rossi mengawali start di urutan ke 11 di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Pada awal balaan ia tampil begitu mengesankan, setidaknya mampu meraih posisi ketiga. Namun kondisi trek yang mulai mengering khususnya di jalur balap, memaksanya masuk pit untuk mengganti ban slick.

Bagaimanapun penggunaan ban slick, merupakan pilihan yang tepat. Imbasnya ia mundur ke posisi belakang dan tak bisa memperbaiki performanya.

"Ini benar-benar memalukan, balapan terakhir bersama Ducati dan finish dengan cara seperti ini. Kondisinya sama ketika melakukan pemanasan, mestinya saya mampu meraih hasil terbaik. Situasi yang setengah-setengah seperti inilah yang sulit. Akhirnya saya menggunakan ban slick, namun ketika balapan settingan motor sangat berbeda, sama saja tidak mengganti ban slick," protes Rossi.

Dua musim bersama Ducati Rossi hanya mampu mengantongi 3 finish di podium. Menutup musim 2012, Rossi berada di posisi keenam dalam klasemen pembalap MotoGP. Setidaknya ia menuai progres, dimana musim sebelumnya, akumulasi poin dalam klasemen, Rossi berada di urutan ketujuh. "Dua musim ini begitu sulit, saya menikmatinya dan inilah balapan," papar Rossi. (otosport.co.id)