ECU dan Mesin Belum Siap, Ducati Bakal Tunda Pakai Mesin Baru

Bagja - Selasa, 17 Juli 2012 | 13:18 WIB

ECU dan Mesin Belum Siap, Ducati Bakal Tunda Pakai Mesin Baru (Bagja - )

Ducati Motor Holding S.p.A
ECU dan Mesin Belum Siap, Ducati Bakal Tunda Pakai Mesin Baru
Rencana tim Ducati untuk menggunakan mesin baru dari Ducati sepertinya belum akan terlaksana di MotoGP Laguna Seca, Amerika. Pada sesi tes di MotoGP Mugello, Italia hari pertama (16/7) kemarin yang juga berbarengan dengan sesi tes resmi MotoGP 2012, Valentino Rossi yang menjajal mesin dan ECU baru dari Ducati masih mengalami beberapa masalah.

Bahkan di akhir sesi latihan, ECU di motornya mandek dan akhirnya stall. Padahal di awal sesi latihan Rossi merasakan performa motor cukup positif. Tapi pengembangan mesin yang belum selesai, membuat Ducati bakal menunda penggunaan mesin untuk sesi balapan di Laguna Seca nantinya.

“Kami mencoba beberapa hal di sesi latihan hari pertama. Dimana fokus utama dipusatkan pada pasokan tenaga dari mesin yang belum 100 persen selesai. Jadi saya menganggap ini adalah proses untuk membuat pasokannya lebih baik, termasuk pada bagian ECU. Sebab saat kami mencobanya di pagi hari, dari sisi tenaga cukup bagus. Apalagi kami menggunakan ban simulasi balap,” papar Rossi.

“Setelah rehat sebetar, kami kembali melakukan sesi tes, ECU motor langsung mandek dan saya terjatuh. Beruntung tidak ada yang cedera, tapi dari sisi safety tim mengambil keputusan untuk menghentikan sesi tes. Selain mencoba mesin dan ECU baru, kami juga mencoba rangka baru. Tapi itu jadi tidak maksimal karena kami lebih awal mengakhiri sesi tes hari pertama,” imbuh juara dunia grand prix motor 9 kali itu.

Fillippo Preziosi sebagai direktur teknis dari Ducati pun memberikan pandangannya pada sesi tes hari pertama. “Impresi pertama Rossi pada mesin ini cukup positif. Tapi berdasarkan dari semua masukan yang ada, kami melanjutkan bahwa sesi tes ini nantinya akan berlanjut di Misano, San Marino,” klaim Preziosi.

Berarti mesin baru yang kabarnya bakal dipasok mulai di MotoGP Laguna Seca, bakal ditunda hingga sesi tes MotoGP di Misano. Jika hasilnya positif, kemungkinan besar tim Ducati akan memasoknya mulai di MotoGP Motorland Aragon, Spanyol pada 30 September 2012 mendatang. (otosport.co.id)