Rossi Masih Menimbang Pilihan Ban Terbaik Untuk Balapan

Bagja - Sabtu, 7 Juli 2012 | 10:59 WIB

(Bagja - )


MotoGP seri Belanda pekan lalu, memang jadi musibah tersendiri bagi Valentino Rossi. Pasalnya ia menjadi satu dari tiga pembalap yang mengalami kerusakan parah pada ban bagian belakangnya. Tidak ingin hal itu terjadi lagi di MotoGP Jerman yang akan dihelat pada Minggu (8/7) besok, Rossi secara intensif membandingkan performa ban lunak dan ban berkompon keras pada sesi latihan hari pertama.

“Kami tahu, sekarang kondisi kami masih belum kompetitif untuk balapan di tipe trek kering. Makanya pada sesi latihan pertama saya melakukan perbandingan yang cukup intensif untuk kompon ban keras dan ban lunak. Dalam memilih kompon ban ini pun tidak akan mudah, pasalnya kompon lunak cenderung lebih cepat di awal namun sulit di pertengahan. Sementara kompon keras agak lambat tapi konsisten sampai akhir balapan,” klaim Rossi.

Rossi sendiri tidak khawatir jika pada saat balapan nanti hujan turun dengan deras. Pasalnya ia yakin pada sirkuit basah ia bisa tampil kompetitif. Namun itu bukan jawaban yang diinginkannya. Pembalap asal Italia itu ingin tampil kompetitif pada kondisi trek normal agar ia bisa menentukan langkahnya untuk musim 2013 mendatang.

“Kami masih punya masalah besar untuk kondisi trek kering. Tapi sejauh ini kami ingin performa motor bisa lebih baik di sektor pertama dan ketiga di Sirkuit Sachsenring. Semoga di sesi latihan selanjutnya kondisi sirkuit tetap stabil agar kami bisa menentukan setting yang tepat untuk balapan nanti,” pungkasnya. (otosport.co.id)