Rossi Yakin Marquez Akan Pakai Motor Pabrikan di MotoGP

Bagja - Jumat, 1 Juni 2012 | 09:03 WIB

(Bagja - )

Aturan pembalap pemula di MotoGP alias rookie rules, memang jadi penghalang bagi pembalap pemula seperti Marc Marquez untuk naik ke tim pabrikan di MotoGP untuk menggantikan posisi Casey Stoner yang akan pensiun di akhir musim 2012. Namun Valentino Rossi menganggap itu tidak akan jadi halangan baginya untuk mendapatkan motor dengan spesifikasi tim pabrikan.

Selain karena ia mempunyai sponsor besar yang mampu membeli motor berspesifikasi tim pabrikan di MotoGP, juga karena ia memiliki talenta besar di untuk ajang balap motor. Dengan begini Honda bisa menjalankan strategi yang berbeda dengan tim lainnya untuk memberikan jalan bagi Marquez.

“Tahun depan jika Marquez akan naik ke MotoGP itu tidak akan mengubah banyak hal, termasuk spesifikasi motor yang akan digunakannya. Jika rookie rule dihentikan, maka ia bisa membalap untuk tim pabrikan. Jika rookie rule tetap dilanjutkan, ia bisa bernaung di tim satelit dan mendapatkan support penuh dari Honda untuk mesin motor berspesifikasi pabrikan seperti yang saya lakukan tahun 2000 silam,” yakin Rossi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dani Pedrosa. Ia menganggap bahwa tim apapun seorang pembalap bernaung, jika memang memiliki talenta besar, maka itu akan jadi bukti kuat untuk meraih support tim pabrikan.

“Sebagai pembalap, pastinya seseorang butuh tim pabrikan dengan motor spesifikasi pabrikan. Apalagi tim satelit juga ingin mempunyai pembalap dengan prestasi bagus agar sponsor juga senang. Jika Marquez ternyata harus di tim satelit, ia bisa kok membawa timnya ke MotoGP. Saya rasa itu tidak akan jadi masalah besar,” sahut Pedrosa.

Kalau memang Marquez jadi naik kelas ke MotoGP tahun 2013 mendatang, maka secara otomatis tim Repsol Honda hanya boleh menurunkan 1 pembalap saja untuk musim 2013. Sebab regulasi pasokan motor untuk 1 pabrikan dibatasi untuk 4 pembalap saja. Yaitu 2 untuk motor berspesifikasi pabrikan dan 2 untuk motor berspesifikasi tim satelit. Itu berarti pengganti Stoner di tim Repsol Honda tidak akan ada, dan Dani Pedrosa akan solo run di tim pabrikan.

Konfigurasi lain yang memungknkan adalah tim Repsol Honda tetap menggunakan 2 pembalap, namun ia harus mengorbankan pasokan motor prototipe pada salah satu tim satelitnya yaitu LCR Honda atau tim Honda Gresini. Dengan begini Marc Marquez tetap bisa naik ke MotoGP dengan dukungan penuh dari Honda.

Bagaimanapun semua opsi masih terbuka lebar, dan konfigurasi pembalap untuk musim 2013 bisa sangat lain dari prediksi semula. Kita lihat saja perkembangannya dari seri ke seri. (otosport.co.id)