Rossi dan Lorenzo Diburu Jadi Opsi Utama 3 Tim Musim 2013

Bagja - Rabu, 23 Mei 2012 | 14:12 WIB

(Bagja - )


Pengumuman pengunduran diri Casey Stoner memang membuat semua prediksi tentang peta pasar pembalap musim 2013 langsung terbuka lebar. Kekosongan kursi di tim Repsol Honda pasti akan menjadi fokus utama Honda Racing Championship (HRC) untuk merekrut pembalap papan atas.

Nah, opsi yang paling masuk akan untuk tim pabrikan sekelas Honda adalah Jorge Lorenzo. Pasalnya jika hanya mengandalkan Dani Pedrosa untuk menjegal Lorenzo yang bisa saja tetap di Yamaha, rasanya berat. Sementara untuk langsung merekrut Marc Marquez di tim pabrikan, juga tidak memungkinkan. Paling tidak Marquez harus menunggu hingga musim kompetisi 2014 untuk masuk ke tim pabrikan.

Lorenzo Membuka Peluang
Prinsip Jorge Lorenzo beberapa waktu lalu adalah jika Yamaha mampu memberikannya motor yang kompetitif, maka tidak ada alasan untuk meninggalkan tim itu. Penegasan tersebut bukan hanya dikatakan sekali saja, namun juga saat melakukan kunjungan ke Indonesia. Ia selalu menegaskan akan tetap bersama Yamaha dan mengakhiri karirnya bersama tim tersebut jika mereka juga memberikan motor kompetitif.

Yamaha tentunya juga tidak ingin kehilangan Lorenzo, tapi di sisi lain Honda bisa bersikap agresif dengan menawarkan gaji yang lebih tinggi pada Lorenzo. Apalagi pembalap asal Spanyol itu juga sekarang sudah mulai luluh, “Saya akan menampung dulu semua tawaran yang masuk,” ungkap juara dunia MotoGP 2010 itu.

Rossi Jadi Opsi Pilihan Tim Honda
Diakui atau tidak, performa Valentino Rossi yang tidak sempurna di tim Ducati, tentu bukan karena skillnya yang menurun. Melainkan karakter motor Ducati yang memang sangat sulit untuk dikendarai. Toh Rossi mampu membuktikan kata-katanya untuk tampil kompetitif di kondisi sirkuit yang basah. Makanya juara dunia grand prix motor sebanyak 9 kali itu, adalah pilihan kedua setelah Jorge Lorenzo.

Pilihan ini tidak hanya berlaku bagi Honda, namun juga bagi tim Yamaha. Jika Lorenzo ternyata memilih hengkang ke tim Repsol Honda mulai tahun 2013 nanti, maka mau tidak mau, Yamaha harus kembali merekrut Valentino Rossi dari Ducati.

Lalu bagaimana dengan Ducati nantinya? tim Ducati adalah tim yang akan menderita kerugian besar jika Rossi sampai pergi ke tim lain. Pasalnya mereka sekarang sedang mengembangkan motor berdasarkan keinginan pembalap Italia itu. Apalagi Rossi rasanya akan tetap di Ducati sebelum merebut titel juara dunia, sebab ini sudah menjadi fokus utamanya masuk ke tim tersebut.

Jelas semua peluang terbuka lebar sekarang. Kecuali jika masing-masing bertahan dengan konfigurasi sekarang ini, maka mau tidak mau, Honda harus merekrut pembalap selain Lorenzo dan Rossi. (otosport.co.id)