Williams Luncurkan FW34 Sebelum Tes Pra Musim 2012

billy - Selasa, 7 Februari 2012 | 19:29 WIB

(billy - )


Sesi peluncuran mobil baru untuk musim kompetisi 2012, ternyata masih berlanjut hingga tepat sebelum tes resmi pra musim Formula 1 2012 berlangsung hari ini Selasa di Sirkuit Jerez, Spanyol (7/2). Tim yang terakhir meluncurkan mobil adalah tim Williams dengan FW34 yang berubah drastis dari predesesor tahun 2011 lalu yaitu FW33.

Tidak banyak yang terlihat dari desain FW33 di FW34, sebab tim Williams sendiri hanya menggunakan kurang dari 5 persen part yang digunakan di FW33 ke FW34. Namun desain pangkal hidung yang berundak tetap menyamai desain yang dihadirkan tim lain. Hanya saja bagian-bagian lain justru didesain lebih agresif.

Mobil ini merupakan karya pertama tim Williams sejak keluarnya Patrick Head dan Sam Michael dari tim tersebut. Posisi direktur teknis yang sekarang dipegang oleh Mike Coughlan (mantan kru teknis tim McLaren), langsung bekerja penuh membuat desain mobil yang diprediksi bakal lebih baik dari tahun lalu.

“Satu kata yang bisa saya ucapkan hari ini, yaitu kami punya mobil baru, jajaran pembalap baru, mesin baru dan personil senior yang baru. Kami juga punya partner baru dalam menjalani musim balap 2012. Saya harus mengambil kesempatan ini dan berharap mereka juga mendapat keuntungan besar dari hasil kerjasama dengan Williams,” papar Frank Williams, sang pemilik tim.

Hal yang membuat ambisi Williams jadi tinggi lagi, adalah karena untuk pertamakalinya mereka kembali reuni dengan Renault sebagai pemasok mesin untuk tim ini. Sebab antara Renault dan Williams mempunyai hubungan sejarah yang sukses di masa lampau. Selain itu ada juga Pastor Maldonado yang menjalani musim kedua di Williams dan titisan Ayrton Senna yaitu Bruno Senna akan jadi senjata utama tim Williams tahun ini.

Apakah mereka bisa mengulangnya lagi mulai musim 2012? Kita tunggu saja nanti. (otosport.co.id)