Pirelli Luncurkan Ban 2012

billy - Kamis, 26 Januari 2012 | 09:05 WIB

(billy - )


Perusahaan ban asal Italia yaitu Pirelli yang didaulat sebagai pemasok ban tunggal di ajang balap Formula 1 sejak tahun 2011, akhirnya kembali meluncurkan prototipe ban untuk Formula 1 tahun 2012. Walaupun sudah mampu membuktikan performa terbaiknya tahun lalu, namun Pirelli melihat masih ada beberapa kekurangan.

Perbedaan yang paling besar secara sepintas adalah pada penamaan ban untuk tipe ban basah. Jika sebelumnya tetap menggunakan nama P Zero, kali ini menggunakan nama Cinturato. Nama ini berlaku untuk dua tipe saja yaitu ban Intermediate dan ban Basah. Sementara untuk ban kering tetap menggunakan nama P Zero.

Dari sisi perbedaan performa, kabarnya Pirelli membuat ban dengan kompon yang lebih lembut namun mengurangi degradasi yang begitu cepat. Sehingga serbuk ban di lintasan nantinya tidak akan terlalu banyak. Perbedaan antara 1 tipe dengan tipe lainnya akan berkisar pada 0,6 - 0,8 detik.

“Setelah menggali pengalaman selama 1 musim, kami mendapat masukan dari tim-tim di F1 agar balapan lebih menarik. Sekarang kami meluncurkan ban dengan kompon yang lebih sempurna yang mampu memperbaiki performa mobil namun degradasi juga berkurang. Dengan mempelajari semua aspek, saya rasa karakter seperti ini yang tepat,” jelas Marco Tronchetti Provera, presiden dan CEO Pirelli.

Selain itu juga berfungsi untuk memberikan dukungan pada sistem aerodinamika pada mobil F1. (otosport.co.id)

Alokasi warna ban Pirelli 2012 :
Ekstra Lunak : Merah
Lunak : Kuning
Medium : Putih
Keras : Silver (perak)
Intermediate : Hijau
Basah : Biru