Tak Hanya Produk, Produsen Mobil Mulai Perang Showroom

Selasa, 26 Februari 2013 | 09:03 WIB


Jakarta - Jika selama ini perang para produsen mobil masih berkutat pada kecanggihan, harga dan desain maka nanti persaingan akan meluas pada pelayanan dan kelengkapan showroom dan dealer. Siapa yang dapat memuaskan, akan mendapat prioritas dari konsumen.

Seperti yang diungkapkan oleh Jongkie D. Sugiarto, Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) pada Jumat (22/2). "Ke depannya sektor pelayanan yang jadi perang antar produsen. Karena dari sisi desain, teknologi dan harga sudah bersaing. Jadi sektor pelayanan akan menjadi langkah persaingan selanjutnya,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, “Buat contoh, saat sebuah dealer tak nyaman dan sales kurang ramah orang tentu malas dan segan untuk membeli produk di sana. Sebaliknya, jika suasana menyenangkan dan relaks, serta salesnya ramah, konsumen akan merasa nyaman. Dan bisa saja, yang tadinya konsumen hanya ingin tanya-tanya, malah berbuah SPK,” urainya sembari tertawa.

Untuk itu, Hyundai selain fokus pada pengembangan produk, juga melakukan pembenahan dari sisi showroom dan tenaga kerja melalui pengembangan fasilitas dan training pada karyawan agar lebih memberikan kepuasan pada konsumen.