Nih, Alasan Ford Pakai Transmisi Manual 6-Speed di New Ranger

Selasa, 27 November 2012 | 06:05 WIB


Jakarta - Dirancang sebagai mobil pekerja yang berada dilingkungan "keras" seperti tambang dan perkebunan membuat Ford New Ranger membutuhkan torsi besar. Hal ini berarti New Ranger hanya butuh posisi gigi rendah untuk mengoptimalkan kemampuannya, bukan untuk meraih kecepatan.

Tapi uniknya, mobil yang hadir di Tanah Air sejak pertengahan tahun ini justru menganut mode transmisi 6-speed manual, yang seolah dirancang untuk mengoptimalkan tenaga dan kecepatan layaknya sportscar. Lho kenapa?

Bagus Susanto, Managing Director PT FMI menjelaskan jika aplikasi transmisi 6-speed manual pada New Ranger merupakan wujud apresiasi Ford terhadap konsumennya. "Transmisi manual 6-speed ini merupakan jawaban Ford akan kebutuhan konsumen," paparnya.

"Seperti teknologi EcoBoost yang hadir untuk kebutuhan masyarakat. Sistem transmisi 6-speed manual yang dikeluarkan pada New Ranger sesuai dengan permintaan konsumen yang menginginkan putaran mesin mobil yang lebih halus dari versi sebelumnya. Sehingga kami mencoba memenuhinya dengan sistem transmisi tersebut," ulas Bagus.

New Ranger yang hadir di Indonesia sendiri dipersenjatai dengan mesin 2.2 liter Duratorq TDCi, yang mampu menyemburkan daya sebesar 150 hp dan torsi 375 Nm. Sebagai pelengkap, transmisi 6-speed manual dan fitur 4X4 yang dilengkapi dengan tiga pilihan mode penggerak (2L, 4L dan 4H). (mobil.otomotifnet.com)