Variasi mobil Sekaligus Bengkel

billy - Sabtu, 7 Mei 2011 | 12:04 WIB

(billy - )


JAKARTA -
Masih di lokasi Pasar Klithikan, Solo, pedagang variasi mobil biasanya berada di blok I dan Blok II. Kebanyakan mereka berjualan variasi dan spare part terkait eksterior maupun interior, termasuk terima order jasa perbaikan.

Salah satunya gerai milik Yanto di kios 27 A. Ia berjualan beragam variasi mobil. Menurut Tio, putra Yanto, kiosnya menjual beragam setir mobil standar.

Di antaranya setir mobil Toyota Kijang Super yang dijual sekitar Rp 250 ribuan. Lalu ada setir Honda Jazz yang ditawarkan Rp 500 ribuan. Harga tersebut sudah termasuk pasang.

Asyiknya kios itu juga terima jasa perbaikan kaki-kaki. Paling ramai order perbaikan tierod dan balljoint.

”Cukup direkondisi saja ongkosnya sekitar Rp 150 ribuan. Jadi tierod dan balljoint itu dibuka dan dibetulkan serta dikencangkan lagi. Garansi setahun,” yakin Tio lagi.

Selain itu, biasanya pelanggan minta sokbrekernya disuntik. Namun itu enggak awet. Disarankan untuk ganti dengan limbah namun kondisinya masih oke. Harganya sekitar Rp 250 ribuan sepasang. Tertarik, monggo mampir deh.

Sementara itu di kios B90 bernama Adi Motor (AM) adalah tempat rujukan bagi mereka yang doyan balap. Pasalnya, di situ sedia beragam perbandingan gigi rasio dan komponen copotan mesin motor.

Singkatnya, silakan main ke kios yang digawangi Gatot, di situ tersedia ragam gigi rasio. Sebut saja gigi rasionya Jupiter Z ditawarkan berkisar Rp 800 ribuan. ”Gigi yang digunakan orisinal motor dan tinggal diaplikasi hitungannya mau balap di kelas apa,” promonya.

Selain jualan komponen begitu, Gatot juga sedia peranti mesin, semisal silinder blok atas Honda New Megapro lansiran 2008. Ditawarkan kisaran Rp 1,7 jutaan. Sedangkan untuk Satria FU sekitar Rp 2,2 jutaan. Peranti itu terdiri dari piston, klep, kem dan sebagainya.

Kalau mampir PKNS tanya saja kios Gatot dekat mushola, semua orang di situ pasti tahu.  (mobil.otomotifnet.com)