Spesialis Power Steering Untuk Daihatsu Xenia, Rp 4,2 Juta

billy - Jumat, 29 April 2011 | 06:03 WIB

Spesialis Power Steering Untuk Daihatsu Xenia, Rp 4,2 Juta (billy - )

JAKARTA - Power steering adalah komponen yang berfungsi mempe­ringan pengendara saat mengemudikan mobil. Bila setir terasa berat, kecurigaan bakalan muncul dengan ketidakberesan pada sistem power steering. Logika gampangnya sih begitu.

Tapi biar pastinya, kenapa tak ke bengkel Hendra Jaya yang menasbikan diri sebagai spesialis power steering. Meski begitu, bengkel ini condong lebih fokus menggarap power steering hidrolik ketimbang yang elektrik.

”Kalau yang hidrolik tingkat kesulitannya tak begitu tinggi dibanding yang elektrik,” sahut Bowo, si komandan.

Kalau mau dilihat dari ongkos jasanya, menginstalasi sistem kemudi dengan power steering tergantung sekali pada jenis kendaraannya. Misalnya saja menambah power steering Daihatsu Xenia 1.0 anggarannya sekitar Rp 4,2 juta.

Lebih murah jika digarap bengkel resmi. Maklum, Bowo mengkombinasikan komponen baru dengan copotan. Artinya, rack steering memang berstatus orisinal tapi tidak pompanya karena sifatnya copotan. Sedangkan kalau mobil lain rata-rata pemasangan power steering kisaranya Rp 3 jutaan. ”Kami garansi sampai setahun,” lanjut Bowo.

Sementara kalau sekadar perawatan, jasanya sekitar Rp 50 ribuan. Itu belum termasuk oli atau jika ada penggantian komponen dalam rangkaian power steering. Lebih enaknya mending ke markasnya di Jl Kembang Kerep No 12 A, Jakarta Barat. Kontaknya 021 70199844 (mobil.otomotifnet.com)