Nih, Contoh Mall Anti Macet

Editor - Rabu, 13 Oktober 2010 | 11:11 WIB

(Editor - )


Budi Toto, manajemen mall mengantisipasi penyebab kemacetan

OTOMOTIFNET - Walau beberapa mall jadi penyumbang kemacetan, namun ada juga lo yang boleh dibilang mall bebas macet. Salah satunya Pondok Indah Mall (PIM) 1 maupun 2. Jalan utama di depan pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan ini, lebih sering terlihat lengang. Apa penyebabnya?

“Pihak manajemen mall, faham betul mengenai hal-hal yang kemungkinan besar menjadi pemicu kemacetan di jalan raya depan PIM. Oleh karenanya sebelum nantinya jadi lokasi macet, dicarikan antisipasi terlebih dahulu,” ucap Budi Toto Harjono, kepala seksi perparkiran PIM.

Hal-hal pemicu kemacetan yang dimaksud Toto adalah adanya pedagang kaki lima, penyeberang jalan dan angkutan umum yang ngetem di depan PIM.Untuk membersihkan kawasan mall dari pedagang kaki lima, pihak manajemen PIM membuatkan lokasi khusus buat mereka berdagang. Tentunya lokasi tersebut dibuat sedemikian rupa agar para pedagang merasa diuntungkan berdagang di kantin PIM.

“Saat ini kita menyediakan hampir 100 kios yang bisa jadi tempat mereka berdagang makanan. Jumlah tersebut lokasinya ada di basement dan parkiran motor PIM 1 serta 2,” kata pria asli Purwokerto, Jateng ini.

Pagar pembatas jalan dan pembangunan jembatan penghubung antara PIM 1 dan 2, jadi solusi tepat untuk meniadakan kegiatan penyeberang jalan. Penempatan petugas khusus di sekitar lokasi yang mungkin jadi tempat ngetem angkutan, dilakukan manajemen PIM untuk masalah yang ditimbulkan oleh angkutan umum. Setidaknya ada 12 orang dalam 1 shift yang ditugaskan dibagian ini.

“Petugas yang ditunjuk enggak sembarangan. Manajemen memilih mereka-mereka yang mempunyai prilaku baik untuk mengemban tugas yang rentan dengan perselisihan ini. Untuk mendapatkan petugas yang berperilaku baik, kita melakukan training terhadap mereka,” terang Budi.

Adanya jembatan penghubung antara PIM 1 dan 2, pada saat hujan turun, kerap jadi tempat berteduh oleh pengendara motor.  Agar mereka yang berteduh enggak bikin jalan jadi macet, manajemen PIM pun memberikan aturan tegas bahwa bikers yang boleh meneduh hanya boleh 2 lajur jalan.

Selain itu, pembangunan underpass oleh pemerintah kota Jakarta yang dapat mengurangi kemacetan di depan PIM pun turut diperhatikan. Terlebih supaya underpass itu bisa berfungsi optimal dimusim penghujan (tidak banjir dan mengakibatkan kemacetan), manajemen PIM secara rutin menginspeksi kinerja pompa penyedot air dalam terowongan tersebut.

Sudah sepatutnya dicontoh!

Penulis/Foto: Oct