Target Edwards Meleset, Gara-Gara Motor Bergetar

billy - Selasa, 7 Februari 2012 | 14:11 WIB

(billy - )

Kembali melakukan sesi tes di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 31 Januari hingga 2 Februari 2012 pekan lalu, memang bukan hal yang gampang bagi seorang pembalap senior seperti Colin Edwards. Selain karena di sirkuit ini ia melihat kawannya yaitu Marco Simoncelli meninggal dunia, juga karena tahun ini ia akan bertarung di MotoGP menggunakan motor CRT (Claiming Rule Team).

Meski awalnya menargetkan bisa menembus catatan lap tercepat 2 menit 2 detik atau paling tidak 2 menit 3 detik, namun kenyataannya sangat berat. Motor yang dikendarainya mengalami masalah getaran yang cukup keras, dan hanya bisa memaksimalkan cataan lap tercepatnya dengan 2 menit 4.722 detik. Ini adalah pekerjaan rumah besar bagi pembalap asal Texas, Amerika itu. Sebab jarak dengan lap tercepat motor prorotipe masih cukup jauh.

“Sejujurnya saya ingin mencetak lap tercepat 2 menit 2 atau 3 detik, karena itu cukup memungkinkan untuk dilakukan dalam 3 hari sesi tes pra musim MotoGP 2012 yang pertama. Saya tidak berharap ada masalah getaran pada motor yang tiba-tiba muncul. Hingga akhirnya kami hanya bisa maksimalisasi dengan 2 menit 4.722 detik. Kalau saja itu tidak terjadi, mungkin kami bisa menembus 2 menit 2 detik,” sesal Edwards.

Tapi satu hal yang membuat Edwards cukup senang, yaitu sistem kelistrikan yang dipasok oleh Bosch sudah lebih baik dan sesuai dengan akurasi permintaan Edwards usai sesi tes Valencia 2011 lalu. “Sistem kelistrikan berkembang cukup pesat meski masih butuh improvisasi lagi. Tapi secara keseluruhan saya senang dengan part ini. Kru Bosch bekerja keras pada apa yang saya inginkan,” pungkas Edwards.

Meski Edwards jadi pembalap motor CRT tercepat di sesi tes pra musim pertama MotoGP 2012 di Sepang, Malaysia, tapi ini belum bisa dijadikan jadi tim CRT terbaik musim 2012. Sebab hanya ada 4 pembalap yang menggunakan spesifikasi motor CRT dan hanya Edwards yang tahun lalu ikut bertarung di MotoGP. Tim CRT lain baru melakukan latihan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada waktu bersamaan. (otosport.co.id)