Capirossi Blak-Blakan Rencana Rossi dan Ducati

billy - Rabu, 3 Agustus 2011 | 12:53 WIB

(billy - )


Loris Capirossi adalah salah satu pembalap yang paling tahu seluk beluk motor Ducati dan karakternya seperti apa. Pasalnya sejak Ducati berkiprah di MotoGP, Capirossi adalah pembalap pertama yang dikontrak tim tersebut. Jadi rasanya tidak aneh jika pembalap veteran asal Italia itu kembali direkrut tim Pramac Ducati untuk memberikan masukan kepada tim Ducati bersama Valentino Rossi.

“Opini saya saat ini adalah Ducati sedang membuat motor yang berbeda dengan konsep motor 2011. Kami (pembalap Ducati) sudah meminta pada Filipo Preziosi (direktur teknis Ducati) untuk membuat rangka aluminium pada motor Ducati. Pasalnya masalah Ducati saat ini sudah jelas yaitu terlalu kaku. Anda tidak bisa membuat motor jadi fleksibel hanya dengan mengganti bagian depan dan juga lengan ayun,” buka Capirossi.

“Komponen paling penting untuk membuat motor lebih fleksibel adalah pada bagian tengahnya. Pada GP11 mesin jadi perantara dari rangka karbon monokok ke bagian lengan ayun. Sementara mesin tidak akan membuat motor jadi lebih fleksibel. Makanya motor ini sangat kaku khususnya pada bagian tengah,” imbuh pembalap berjuluk Capirex itu.

Ducati yang sejak awal kiprahnya di MotoGP tahun 2003 lalu hingga tahun 2008 menggunakan rangka trellis, memutuskan untuk mengganti rangka karbon pada tahun 2009. Capirossi pun sangat yakin bahwa saat ini Rossi dan Ducati sedang membuat pengembangan konsep pada motor Ducati. Khususnya mengembangkan rangka yang terbuat dari aluminium. Makanya saat ini mereka sangat konsisten menggelar sesi tes privat menggunakan test rider.

Capirossi melanjutkan, kendati Rossi bisa mengendarai Ducati seperti Casey Stoner mengendarai Ducati, masalah motor ini tidak akan selesai. “Anda tidak bisa merasakan ban motor dan berpijak pada aspal. Saya tidak tahu apa yang terjadi, namun yang pasti saya tidak bisa mengukur batas kemampuan motor sampai dimana. Jika saya memaksakan untuk bisa merasakannya memang akan lebih baik, namun seketika saya kehilangan kontrol pada bagian depan. Inilah masalah utamanya,” lanjut Capirossi.

“Ketika anda kehilangan bagian belakang anda masih bisa mengontrol motor dan melakukan sedikit sliding. Namun jika anda bermasalah pada bagian depan motor, anda tidak bisa berbuat apa-apa. Jika dipaksakan untuk jadi lebih baik, maka motor jadi lebih sulit untuk belok,” tutupnya.

Wah, sepertinya memang kunci untuk melakukan perubahan pada Ducati adalah mencoba rangka aluminium untuk musim 2012 mendatang. Atau setidaknya kembali menggunakan rangka trellis seperti yang digunakan Stoner pada tahun 2007 dan 2008 lalu. (otosport.co.id)