Rossi Kembali ke Trek, Elias Merusak 2 Motor

billy - Jumat, 15 Juli 2011 | 16:06 WIB

(billy - )


Insiden beruntung yang dialami oleh pembalap MotoGP di sesi latihan pertama hari ini Jumat (15/7), jadi insiden yang menarik untuk disimak pada sesi latihan hari ini. Insiden yang melibatkan beberapa pembalap seperti Casey Stoner, Valentino Rossi, Toni Elias dan Dani Pedrosa itu, terjadi di zona yang sama yaitu tikungan ke-11. Insiden ini terjadi pada 20 menit pertama.

Valentino Rossi bahkan langsung dibawa ke pusat kesehatan terdekat karena terjadi kerusakan parah pada bagian siku baju balapnya. Namun sepertinya tidak ada cedera yang berat dialaminya, karena 5 menit menjelang sesi latihan berakhir Rossi kembali kembali ke trek. Sayangnya sesi latihan tersisa 5 menit lagi, jadi tidak ada waktu untuk memperbaiki catatan lap tercepat yang bisa diraihnya.


Namun pembalap paling sial adalah Toni Elias. Setelah terjatuh di tikungan ke-11 ia kembali ke trek dengan motor cadangan. Tapi baru menjalani beberapa lap, ia terjatuh kembali di tikungan pertama. Alhasil Elias harus mengakhiri sesi latihan pertama di pitboks miliknya, karena tidak kondisi kedua motornya masih rusak.

Jika timnya bisa bekerja cepat dan memasang paket bodipart yang baru, Elias bisa ikut di sesi latihan 2. Tapi jika tidak, maka Elias tidak akan berkesempatan ikut sesi latihan 2. Sementara 2 pembalap lainnya termasuk Casey Stoner dan Dani Pedrosa tidak mengalami cedera dalam insiden tersebut.


Analisis penyebab jatuhnya 4 pembalap ini pun berangkat dari berbagai sudut pandang. Tim Repsol Honda khususnya kubu Stoner, menjelaskan bahwa di daerah ini tiupan angin yang kencang membuat para pembalap terjatuh. Namun pihak lain mengklaim ini gara-gara ban depan bagian kanan agak dingin, karena setelah 7 tikungan beruntun ke kiri, tikungan 12 adalah tikungan pertama ke arah kanan.

Akibat dari temperatur ban depan sebelah kanan yang masih dingin ini, ban depan rentan tergelincir dan membuat pembalap terjatuh. Solusinya adalah melakukan pemanasan sebanyak-banyaknya sebelum memasuki ‘hot lap’. Agar temperatur ban cukup ideal untuk melakukan manuver ke kanan pada tikungan 12 di Sachsenring dengan ekstrim. (otosport.co.id)