Daihatsu D-X, Bukan Crossover Biasa!

billy - Senin, 14 November 2011 | 14:03 WIB

(billy - )


Tokyo – Satu platform mobil menjadi dua tipe mungkin biasa. Contohnya Nissan Livina dan Livina X-Gear, atau Suzuki SX-4 Crossroad dan Crossover. Namun, jika satu model bisa disulap jadi multi tipe berbeda mungkin hanya Daihatsu D-X (D-Cross) yang bisa.

Ya, gacoan Daihatsu di ajang Tokyo Motor Show 2011 ini memang unik. Pasalnya dengan tampang yang sama, D-X dapat menjadi sebuah roadster, hatchback, crossover dua pintu hingga mobil balap hanya dengan mencopot dan menambah beberapa panel bodi berbahan resin.

Berbasis sebagai roadster kecil di kelas kei car, D-X memiliki tampang yang menonjolkan kesan agresif, dan kokoh. Tengok saja front fascianya yang tajam. Sepintas desainnya mirip muka Honda S2000.

Sedangkan dimensinya D-X memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.275 mm. Tentunya ukuran tersebut akan berubah saat berganti model. Yang jelas, ukuran wheelbase 2.230 mm tetaplah sama di setiap model.

D-X yang diplot sebagai produk kei car masa depan dibekali mesin 660 cc dua silinder berteknologi turbo yang diklaim memiliki efisiensi BBM cukup baik. (mobil.otomotifnet.com)