Nadine Zamira Sjarief: Kampanye Di Komunitas

Editor - Jumat, 23 April 2010 | 12:16 WIB

(Editor - )

OTOMOTIFNET - Komunitas otomotif dianggap memiliki posisi penting. Bukan saja dalam memasarkan mobil atau motor, tapi juga membangun kesadaran dan perubahan perilaku. Karena itu, Nadine Zamira Sjarief terlihat sangat bersemangat saat melakukan kampanye kendaraan ramah lingkungan.

“Saya lebih suka melakukan lewat pendekatan personal di klub. Saya yakin mereka sangat lebih tahu dari saya soal teknis kendaraannya. Yang bisa saya lakukan adalah menjaga agar kesadaran untuk memiliki perilaku dan kendaraan ramah lingkungan itu ada terus dan tersebar makin luas,” kata Miss Indonesia Earth 2009 ini.

Menurut lajang berpostur jangkung ini, menjaga agar kendaraan kita tetap bersahabat bagi lingkungan merupakan kewajiban semua orang. Apalagi di tengah makin tingginya polusi udara, konsumsi bahan bakar dan jumlah kendaraan.

“Otomotif punya kontribusi cukup besar pada polusi di perkotaan. Tapi kalau semua mau melakukan upaya, saya yakin pasti ada pengaruhnya,” katanya.

Kuncinya, mengubah pengetahuan jadi kebiasaan. “Semua harus dimulai dari individu, dari hal-hal kecil yang sehari-hari kita temui. Enggak susah, bisa dilakukan orang kok,” bilang social and environmental values executive sebuah perusahaan kosmetik ini.

 Pemilik Suzuki Baleno ini lantas menyebut sejumlah contoh. Dari menjaga tekanan ban, servis berkala sampai uji emisi serta kebiasaan mengerem dan berakselerasi. “Memang enggak gampang untuk warga kota besar seperti di Jakarta. tapi saya berusaha sebisa mungkin menerapkan prinsip-prinsi sederhana itu,” lanjut pehobi sepeda ini.


Penulis/Foto: Nawita / Dede